PIALA DUNIA QATAR 2022

Kalahkan Portugal 2-1, Korsel ke Babak 16 Besar

Korsel menang

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Korea Selatan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Portugal 2-1 di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, Jumat (2/12).

Portugal menurunkan sebagian besar pemain pelapisnya, kecuali Cristiano Ronaldo, yang tampak sangat berambisi menambah rekor gol di ajang internasional.

Korsel yang membutuhkan kemenangan untuk menjaga asa lolos ke fase gugur, mencoba membangun serangan lebih dulu di awal pertandingan. Namun usaha yang dilakukan Son Heung Min dan kawan-kawan masih bisa diredam barisan belakang Portugal.

Selecao das Quinas sebenarnya sudah memastikan lolos ke babak 16 besar. Namun, mereka tak mau melepas laga terakhir begitu saja. Buktinya, Portugal berhasil unggul 1-0 di menit kelima.

Adalah Ricardo Horta yang sukses mencatat namanya di papan skor. Sontekan Horta menyambut umpan tarik Diogo Dalot di kotak penalti tak mampu dibendung Kim Seung Gyu.

Namun, Korsel mampu menyamakan skor pada menit ke-27 lewat tembakan jarak dekat Kim Young Gwon di bibir gawang memanfaatkan blunder Cristiano Ronaldo.

Tendangan penjuru Korsel lebih dulu menyentuh Ronaldo sehingga bola memantul ke depan gawang. Kim Young Gwon yang lolos dari kawalan sukses menyambar bola dari jarak dekat yang tak bisa diantisipasi Costa.

Dua menit berselang, Ronaldo nyaris sukses membayar kesalahannya jika mampu menuntaskan peluang di depan gawang. Tapi sayang tembakannya masih diblok kiper Korsel, selain itu wasit juga menyatakan sang megabintang offside.

Portugal lebih banyak menekan di menit-menit akhir babak pertama, namun tak ada gol tambahan yang tercipta hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, duel berlangsung lebih sengit. Baik Portugal maupun Korsel silih berganti menebar ancaman.

Hwang In Beom nyaris membuat Korsel berbalik unggul di menit ke-69 jika tembakan kerasnya di kotak penalti gagal dibendung kiper Portugal Diogo Costa yang tampil impresif.

Portugal lebih gencar menyerang di menit-menit akhir namun Korsel mampu mencuri gol lewat serangan balik cepat yang diinisiasi Son Heung Min.

Bintang Tottenham Hotspur itu kemudian mengirim umpan terobosan yang sukses dituntaskan Hwang Hee Chan di menit ke-91. Portugal mencoba membalas namun wasit lebih dulu meniup peluit panjang.

Hasil ini membuat Korsel lolos ke babak 16 besar mendampingi Portugal yang lebih dulu memastikan satu tempat ke fase gugur.

Son Heung Min dkk finis sebagai runner up Grup H berkat unggul selisih gol dari Uruguay yang sama-sama mengemas empat poin. Sementara Portugal tetap berada di puncak klasemen dengan enam poin.

Susunan pemain Korsel vs Portugal

Korea Selatan XI (4-2-3-1): Kim Seung-gyu; Kim Moon-hwan, Kwon Kyung-won, Kim Young-gwon, Kim Jin-su; Jung Woo-young, Hwang In-beom; Lee Kang-in, Lee Jae-sung, Son Heung-min; Cho Gue-sung.

Portugal XI (4-3-3): Diogo Costa; Diogo Dalot, Pepe, Antonio Silva, Joao Cancelo; Matheus Nunes, Ruben Neves, Vitinha; Joao Mario, Cristiano Ronaldo, Ricardo Horta.**


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar