Galeri Foto

Kelurahan Tarempa Ditetapkan Sebagai Kampung Moderasi Beragama

TRANSKEPRI.COM. ANAMBAS - Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan ditasbih menjadi salah satu percontohan Kampung Moderasi Beragama (KMB) di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).

Didapuknya Tarempa tersebut menjadi KMB setelah kegiatan yang digelar secara nasional di launching oleh Wakil  Bupati  KKA Wan Zuhendra, digedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS) Rabu (26/7/2023).

Dalam Sambutannya Wakil Bupati  Wan Zuhendra mengatakan, bahwa kegiatan KMB merupakan agenda langsung dari Kementerian Agama  Republik Indonesia.

"Kegiatan ini digelar secara nasional dan akan dilaunching  oleh Menteri Agama  Yaqut Cholil Qaumas pada Rabu (26/7/2023),"ujar Wan.

Menurut Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC)  Partai  Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) KKA,  KMB merupakan tindak lanjut dari program Nasional Kementrian Agama RI dengan mencanangkan 1500 titik KMB  di seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah Anambas sebagai daerah yang berada di perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi salah satu dari 1.500 daerah yang ditetapkan sebagai KMB di negara ini,' tuturnya.

Lebih lanjut kata  suami Idarwati, langkah yang dilakukan  merupakan upaya dan ikhtiar dari Kementerian Agama RI  dalam rangka menjaga, merawat  dan memelihara kerukunan hidup  antar umat beragama.

Pria yang di gadang-gadang menjadi suksesor Bupati Anambas saat Ini Abdul Haris, SH MH menambahkan, 
Selain itu kegiatan ini juga ditaja guna memperkuat kehidupan masyarakat agar tetap harmonis dalam keberagaman yang ada.

"Langkah ini agar berbagai perbedaan dalam hal agama ataupun kepercayaan dapat saling menghormati dan menghargai," ucapnya.

Ayah Wan Rafii Rafata juga  memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kelurahan Tarempa yang telah menjadi KMB dan menjadi percontohan di Kabupaten Kepulauan Anambas.***

Narasi dan Foto Kominfo Anambas

Foto Bersama Wakil Bupati KKA Wan Zuhendra saat launching kampung Moderasi Beragama

Wakil Bupati Wan Zuhendra menyerahkan SK KMB kepada Lurah Tarempa Syamsir

Foto bersama Wakil Bupati KKA Wan Zuhendra dengan Lurah dan RT se Kelurahan Tarempa

Wakil Bupati KKA Wan Zuhendra menyampaikan sambutan

Sambutan Wakil Bupati Anambas pada acara KMB

Lurah Tarempa Syamsir memperlihatkan SK

Didampingi Camat Siantan Kaharuzzaman Wakil Bupati menyerahkan SK kepada Lurah Tarempa