NasDem Anambas Tutup Pendaftaran Calon Kepala Daerah, Ini 9 Sosok yang Melamar

Sejumlah pihak mendaftar ke Partai NasDem Anambas guna maju dalam kontestasi pemilihan kepala daerah Anambas mendatang. (ist)

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS- Sebanyak 9 Figur Calon Kepala Daerah dan Calon  Wakil Kepala Daerah melamar ke Partai Nasional Demokrat (NasDem). Sejumlah sosok ikut dalam penjaringan yang dibuka  partai besutan Soerya Paloh dari 1 sampai dengan 8 Mei 2024.

Dengan telah rampungnya pendaftaran di Partai yang terkenal dengan Komitmen Partai tanpa mahar, tak pelak menghangatkan situasi Politik di negeri perbatasan, mengingat hal ini telah menjadi gambaran bagi yang ingin maju di Pilkada  Anambas dan tidak hanya bermanuver  berharap dipinang menjadi Wakil Bupati.

Figur- figur tersebut merupakan tokoh-tokoh politik, tokoh masyarakat, serta politisi dan eksekutif baik yang menjabat maupun tidak di negeri ini.

Nama-nama tersebut antara lain yakni, Wan Zuhendra, Raja Bayu Febri Gunadian, SE, Amat Yani, Taufik,  Rocky Hasudungan Sinaga,  Muhamad Delta, Sulaiman dan Johari.

Fachri Hidayat Sekretaris DPD NasDem mengatakan, nama-nama yang telah mendaftar ini merupakan sosok atau figur yang berada di eksternal, Namun demikian dari internal DPD NasDem Anambas juga akan mengusulkan dua nama kader terbaik untuk ikut bertarung di kontestasi.

"Jadi kalau kita includkan itu terdapat 11 figur, namun untuk internal sendiri masih kita lakukan koordinasi di internal DPD NasDem Anambas ,"ujarnya Jumat (10/5/2024).

Menurut Fachri, setelah figur ini mengembalikan formulir, pihaknya pada tanggal 8 sampai 10 akan menggelar rapat pleno membahas usulan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di masing- masing daerah (Kabupaten/Kota).

"Pada tanggal 10 Mei 2024 hasil rapat pleno DPD diserahkan ke DPW, tanggal 15  Mei 2024 hasil rapat pleno DPW diserahkan ke DPP, lalu puncaknya pada tanggal 20 Mei hingga 31 Juli  2024  DPP Partai NasDem akan mengeluarkan rekomendasi dukungan siapa figur yang akan menggunakan partai NasDem sebagai pesawatnya di Pilkada Anambas,"ungkapnya.

Bahkan lanjut dia, Calon kepala Daerah yang mendapatkan rekomendasi maju sebagai Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah  wajib mengikuti sekolah Cakada dan Wacakada dari Partai NasDem.

Fachri menambahkan, bahwa pada Pilkada Anambas ke 4 Partai Nasdem dapat mengusung calon sendiri, meski harus berkoalisi dengan partai lain. Mengingat pada Pileg yang digelar 14 Februari 2024 silam Partai NasDem memperoleh dua kursi di Parlemen dengan total suara 2300 lebih.

Maka dari pihaknya saat telah melakukan penjajakan dengan partai lain yang memiliki kursi untuk membuka peluang koalisi dalam mengusung kepala daerah wakil kepala daerah.

"Kami tidak ingin main-main pada Pilkada kali ini, karena NasDem punya style sendiri dalam mengusung Calon, dan rata- rata diseluruh Indonesia figur yang kami usung jadi."tegasnya.

Untuk itu  Fachri berharap Pilkada di Anambas berlangsung secara kondusif  dan pemenang nanti mampu  memberikan yang terbaik untuk daerah. (yd)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar