Galeri Foto

Bupati Anambas Buka Sosialisasi Pelatihan Ujicoba Aplikasi Digital Kesehatan

TRANSKEPRI.COM. ANAMBAS -Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).H. Abdul Haris, SH, MH secara resmi membuka Sosialisasi pelatihan Dan Ujicoba Aplikasi Digital Kesehatan di Kabupaten termuda di Provinsi Kepri.

Hal ini  merupakan suatu upaya pemerintah daerah dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk beradaptasi terhadap perkembangan teknologi, dan memudahkan pelaku UMKM menyimpan keuangan dalam bertransaksi.

Bupati KKA, H. Abdul Haris. SH. M.H dalam sambutannya  menyambut positif sosialisasi digital dan dengan pelatihan perluasan keuangan pengunaan qris dan sosialisasi ekosistem digital bidang kesehatan melalui platform telemedicine di Anambas.

"Program keuangan digital adalah langkah tindak lanjut undang-undang nomor 20 tahun 2008 tentang usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) peraturan pemerintah (PP) No 7 tahun 2021 tentang kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan koprasi dan usaha mikro, kecil dan menegah serta keputusan presiden No 3 tahun 2021 tentang satuan tugas percepatan dan perluas digitalisasi daerah,"ujarnya.

Kegiatan ini lanjut pria yang juga merupakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Kepri, ini adalah sinergi antara Bakti Kominfo dengan Bank Indonesia yang melibatkan pihak dompet digital (E-WALLET) yang dalam kesempatan ini bekerjasama dengan pihak OVO bertujuan memberikan pemahaman dan uji coba kepada masyarakat untuk beradaptasi terhadap perkembangan teknologi, serta pemanfaatan infrastruktur bakti yang telah dibangun di Anambas.

"Ini  bertujuan untuk memudahkan pelaku UMKM dan sosialisasi ini juga dalam rangka menyimpan keuangan dan memudahkan masyarakat dalam bertransaksi," bebernya.

Masih kata Haris, program yang dilakukan tersebut, berdasarkan keputusan menteri kesehatan Republik Indonesia, No  HK.01.07/MENKES/1559/2022 tentang penerapan sistem  pemerintahan berbasis elektronik bidang kesehatan dan strategi transformasi digital kesehatan.

"Menyediakan program solusi pencegahan penyakit dan meningkatkan kualitas hidup berbasis teknologi digital masyarakat agar masyarakat mendapatkan bantuan secara cepat dan tepat oleh tenaga ahli kesehatan," tuturnya

Ia menambahkan, program ini merupakan sinergi antara bakti kominfo dengan Kementerian Kesehatan yang melibatkan kesehatan startup.

Pelatihan dan uji coba aplikasi kesehatan tersebut menurut Haris, bertujuan memberikan pemahaman kepada tenaga kesehatan dan masyarakat terkait memberikan telemedicine dan tele konsultasi yang dapat penggunaan layanan dilakukan secara virtual atau jarak jauh dari setiap fasilitas kesehatan di Anambas.

"Dalam kesempatan ini pemerintah daerah melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan keuangan digital perluasan pengunaan Qris dan sosialisasi ekosistem digital bidang kesehatan melalui platform telemedicine di kabupaten Kepulauan Anambas," ucapnya.

Diharapkan Abdul Haris, kepada seluruh peserta kegiatan untuk dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik, agar nantinya dapat diimplementasikan.

Turut hadir dalam kegiatan yang digelar pada Selasa (29/8/23) bertempat di gedung BPMS kelurahan tarempa, Bupati Anambas, Abdul Haris SH, MH, Wakil Bupati Wan Zuhendra, FKPD serta para kepala OPD di jajaran Pemkab Anambas. **

Narasi dan Foto Humas Kominfo Anambas

Bupati bersama Wakil Bupati KKA memberikan cinderamata kepada pihak Bakti Kominfo

Bupati KKA Abdul Haris, SH membuka secara resmi Sosialisasi pelatihan Dan Ujicoba Aplikasi Digital Kesehatan di Kabupaten termuda di Provinsi Kepri.

Bupati KKA bersama wakil Bupati melihat langsung aplikasi yang ditampilkan dilayar

Sambutan dari Bhakti Kominfo

Tamu undangan yang hadir saat acara

Kepala divisi bidang layanan Ti untuk perintah dari bakti kominfo ibu latifah Hanum menyampaikan sambutan

Sekapur sirih yang diberikan kepada perwakilan Kominfo RI

Mesra Bupati dan dan Wakil Bupati KK tetap sejalan dipenghujung pemerintahan