20 Warga Binaan Pemasyarakatan Pelatihan Kemandirian Membatik


TRANSKEPRI.COM.BATAM- Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Ham Kepulauan Riau, Dwinastiti Handayani mewakili Kakanwil Kemenkumham Kepri, secara resmi membuka pelatihan kemandirian membatik di Lapas Perempuan Kelas IIB Batam, Senin (14/6/2021).

Kepala Lapas Perempuan Kelas IIB Batam Ike Rahmawati mengatakan,  sebanyak 20 orang warga binaan pemasyaratan (WBP) Lapas perempuan kelas 2B Batam menjadi peserta dalam pelatihan kemandirian membatik ini. 

"Pelatihan membatik dilaksanakan selama 15 hari sejak tanggal 14 Juni 2021 sampai dengan 2 Juli 2021, " kata Ike Rahmawati, di Lapas Perempuan Kelas IIB Batam,Senin (14/6/2021).

Menurutnya, pihak Lapas Perempuan Kelas IIB Batam menggandeng PT Bona Dea Batam sebagai mitra kerja dalam melaksanakan pelatihan kemandirian membatik. 

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan kementerian hukum dan Ham Kepulauan Riau, Dwi Nastiti Handayani menyampaikan harapannya yang begitu besar terhadap pelatihan membatik tersebut. 

" Saya akan terus memantau dan melakukan monitoring terhadap kegiatan pelatihan membatik ini. Setelah pelatihan ini diharapkan lapas perempuan kelas IIB Batam dapat menjadi pusat sentra batik yang ada di kota Batam," ujar Dwinastiti. 

Pelatihan membatik menjadi pilihan dalam kegiatan pelatihan kemandirian yang ada di Lapas Perempuan kelas 2B Batam dikarenakan melihat peluang pasar yang masih cukup besar dalam dunia produkduksi batik.  

Di Kota Batam ini sendiri produsen produsen batik masih terhitung minim jumlahnya, sehingga kebutuhan akan batik khas corak Batam masih sangat dibutuhkan guna menciptakan suatu motif khas yang mencerminkan budaya kearifan lokal kota Batam. (Ely)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar