Tak Memiliki Banyak Kuman, Ini 12 Manfaat Memelihara Kucing dalam Islam

Seekor Kucing jenis Ragdoll milik Nabila Anjani, Pecinta Kucing yang berdomisili di Perum Rosedale Batam

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Kucing adalah hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW. Dan kucing adalah hewan yang disukai oleh banyak orang.

Memelihara kucing dengan penuh kasih sayang dan memperlakukannya dengan baik dapat menjadikan sebagai ladang pahala.

Setiap kita memberi makan dan minum kucing adalah bentuk dari sedekah. Sementara, sedekah adalah perbuatan yang disukai oleh Allah SWT.

Dan memelihara kucing dapat menghilangkan strees setelah kita seharian melakukan aktivitas.

Berikut adalah pahala dan manfaat memelihara kucing dalam islam dikutip dari kanal Youtube Habsi Alfakir Channel pada 19 Maret 2021:

1. Menjadi timbangan kebaikan saat kiamat

Sesorang yang memelihara binatang dalam jalan Allah dengan penuh iman pada Allah, dan meyakini akan kebaikan yang diberikan oleh Allah, maka kebaikan yang telah diberikan kepada hewan tersebut seperti memberi makan dan membuang kotorannya, kelak akan ditimbang sebagai amal kebaikan pada hari kiamat.

2. Melatih sikap empati

Anak kecil pada saat sedang tumbuh kembang dikelilingi oleh kucing peliharaan maka akan menjadikan anak yang terlatih yang penuh empati dan memiliki banyak pertimbangan atas apa yang dilakukan.

3. Mendapat rahmat pada hari kiamat

“Barang siapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada hari kiamat”. (HR. Bukhari)

4. Merupakan sedekah

“Pada setiap sedekah terhadap mahluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan mendapatkan pahala kebaikan. Sesorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuhan yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia, atau binatang, maka baginya sebagai sedekah”. (Bukhori, Muslim)

5. Dosa diampuni (Mendapat ampunan dan ridho Allah SWT)

“Seorang wanita pelacur melihat seekor anjing di atas sumur dan hampir mati karena kehausan. Lalu wanita itu melepas sepatunya, diikatnya dengan kerudungnya dan diambilnya air dari sumur (lalu diminumkan ke anjing itu). Dengan perbuatannya itu dosanya diampuni”. (HR. Bukhari)

6. Tidak memiliki banyak kuman

Hewan kucing tidak menyukai air, air adalah wadah subur pertumbuhan kuman, karena kucing hewan yang takut air maka kucing termasuk hewan yang tidak ada kuman. Maka dari itu dalam Islam boleh untuk memelihara kucing.

7. Kucing bukan hewan najis

Allah sendiri sudah menghilangkan najis terhadap kucing, meskipun kucing sudah memakan bangkai dengan jumlah banyak ataupun sedikit, menurut Rasullah tetap kucing adalah bukan hewan najis.

8. Mempunyai irama serupa zikir kalimat Allah

Kaum sufi percaya bahwa dengkuran nafas kucing mempunyai irama yang serupa dengan dzikir kalimat Allah SWT.

9. Kegiatan yang disukai Allah SWT

Memelihara hewan peliharaan peliharaan dengan rasa kasih sayang adalah hal sangat disukai oleh Allah SWT.

10. Mendapatkan ganjaran baik dan syurga

Sesorang yang memelihara kucing akan mendapatkan pahala syurga dan ganjaran oleh Allah SWT, karena kita telah menolong hewan yang haus dan lapar.

11. Air liur kucing adalah suci

“Kucing itu tidak najis, ia binatang yang suka berkeliling di rumag (binatang rumahan)” (H.R At-Tirmizi, An-Nasa’i, Abu Dawud, dan Ibnu Majah).

Nabi juga menekankan bahwa air liur kucing adalah tidak najis, air minum bekas kucing juga dapat digunakan untuk berwudhu.

12. Disayang penghuni langit

“Orang yang penyayang maka juga akan disayang oleh Allah. Sayangilah mahluk Allah yang ada di muka bumi, maka niscaya juga akan disayangi penghuni langit”.

Semoga kita semua selalu diridhoi dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wa ta’ala.***


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar