Kembangkan Desa Wisata, Sandiaga Kunjungi Desa Ekang Anculai Bintan

Menparekraf Sandiaga Uno saat berada di Desa Wisata Ekang Anculai

TRANSKEPRI.COM.TANJUNGPINANG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno saat ini fokus mengembangkan desa wisata. Satu di antaranya telah terwujud di Desa Ekang Anculai, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri.

Saat mengunjungi Desa Wisata Ekang Anculai, Menparekraf RI Sandiaga Uno mengatakan, desa wisata telah menjadi trend pariwisata, yang menawarkan pengalaman liburan di tengah lingkungan nan santai dan sehat. Saat kunjungan ke Desa Ekang Anculai, dirinya menyatakan, bahwa destinasi wisata di Bintan sudah berkembang dan maju.

“Desa wisata menjadi keunggulan yang kompetitif dalam memajukan ekonomi kreatif dan memajukan perekonomian masyarakat setempat,” ujarnya, Sabtu (23/1/21).

Diketahui saat ini, Kemenparekraf sangat fokus terhadap perkembangan desa wisata. Sesuai RPJMN 2020-2024, Kemenparekraf menargetkan setidaknya sebanyak 244 desa wisata tersertifikasi menjadi desa wisata mandiri hingga 2024.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bintan, Ronny Kartika mengatakan, bahwa manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata tentunya akan langsung memberikan dampak positif bagi meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan. Selain itu manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata lainnya adalah dapat menghidupkan budaya, tradisi atau lingkungan adat sebagai salah satu komoditas wisata budaya lokal. Sekaligus menjaganya agar tetap lestari.

Bupati Bintan, April Sujadi menegaskan, perkembangan sektor desa wisata diharapkan mampu memberikan pengaruh positif secara makro kepada masyarakat. Seperti halnya meningkatkan perekonomian masyarakat desa setempat.

“Pendirian desa wisata ini seyogyanya sebagai upaya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat setempat yang kita kembangkan dengan melihat potensi yang kita miliki. Saat ini, hampir separuh desa-desa di Bintan, sudah mulai berkembang dan maju dengan keunggulan potensi menjadi desa wisata. Dan salah satunya Desa Ekang Anculai ini,” tutupnya. (mad)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar