TNI AL Jadikan Pulau Ketapang sebagai Kampung Wisata Bahari

Kampung Bahari Pulau Ketapang saat diresmikan sebagai Kampung bahari nusantara, Senin (15/05/23). (dispenal)

TRANSKEPRI.COM.KETAPANG- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ketapang meresmikan dan mengikuti acara video conference peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) secara serentak yang dipimpin langsung oleh wakil presiden Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin yang terpusat di Pulau Untung Jawa Kab. Kepulauan Seribu DKI Jakarta dan diikuti oleh 68 Satuan Komando Wilayah (Satkowil) di seluruh Indonesia, dengan tema “Kampung Bahari Nusantara TNI AL siap meningkatkan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan bagi masyarakat maritim yang sejahtera, Senin (15/05/2023).

Sambutan Danlanal Ketapang Letkol Laut (P) Bambang Nugroho, M.Tr.Opsla dalam acara tersebut menyampaikan bahwa Kampung Bahari Nusantara Pulau Cempedak yang berada di Desa Kendawangan Kiri, Kec. Kendawangan ditunjuk oleh Lanal Ketapang untuk program kedepan agar dapat menjadi daerah tujuan wisata sehingga dapat mengangkat perekonomian masyarakat sekitar.

Lebih lanjut Danlanal Ketapang menyampaikan untuk klaster KBN di wilayah ini tentunya dapat menjalin hubungan yang lebih baik antara TNI AL dan masyarakat Pulau Cempedak, Desa Kendawangan Kiri, Kec. Kendawangan serta umumnya masyarakat Kab. Ketapang, sehingga keberadaan TNI AL di Ketapang dapat berguna dan dapat memberdayakan potensi ketahanan dan pertahanan maritim bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Danlanal Ketapang menambahkan untuk kedepan bukan hanya Pulau Cempedak yang akan dijadikan KBN namun Desa Suka Baru, Kec. Benua Kayong dengan hutan maggrovenya juga akan sasaran KBN TNI Angkatan Laut juga, ujarnya.

Di tempat lain Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Muhammad Ali dengan disaksikan secara video confrence menyampaikan, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT yang sudah memberikan kesempatan pada pagi ini untuk berkumpul dalam kegiatan peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) secara serentak dan kami ucapkan terikasih kepada Wapres RI Ir. H Makruf Amin yang berkenan untuk meresmikan Kampung Bahari Nusantara ini.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini lanjut KASAL dilaksanakan untuk mewujudkan cita-cita masyarakat maritim agar dapat meningkatkan produktifitas ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, tambahnya.

Wapres RI Ir. H Makruf Amin dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih kepada TNI AL beserta jajaran yang sudah melaksanakan kegiatan Kampung Bahari Nusantara ini yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas masyarakat pesisir.

Semoga kedepannya Kampung Bahari Nusantara ini dapat dikembangkan ke berbagai wilayah yang belum tersentuh karena perlu kita ketahui wilayah kita ini merupakan terbesar kedua dunia wilayah pantainya.

"Dengan ini mengucap Bismillahirrahmanirrahim maka Kampung Bahari Nusantara saya resmikan, semoga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat pesisir," ujarnya.

Turut menghadiri acara peresmian antara lain dari Forkopimda Kab. Ketapang, LSM, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Pelajar dan Pokdarwis Pulau Cempedak. (rilis)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar