Shin Tae Yong Masuk Kandidat Pelatih Sepak Bola Timnas Vietnam

Shin Tae Yong

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Nama pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong masuk daftar calon pengganti Park Hang Seo yang akan lengser dari timnas Vietnam pada awal tahun depan.

Diketahui kontrak Park dengan VFF akan habis pada 31 Januari 2023. Park, lewat agensinya DJ Management sudah membahas situasi dengan VFF. Keduanya sepakat mengakhiri kerja sama yang terjalin sejak 2017.

Guna mengisi kekosongan sekaligus menjaga kualitas timnas Vietnam, sederet rumor berkembang soal pengganti Park. Media Vietnam, Bongdaplus, mencantumkan nama Shin Tae Yong sebagai salah satu kandidat.

Shin Tae Yong sejatinya masih terikat kontrak sebagai pelatih Timnas Indonesia hingga Desember 2023.

Shin Tae Yong masuk daftar calon pengganti Park karena ada isu mantan gelandang timnas Korea Selatan itu akan mundur dari posisinya terkait kemungkinan mundur Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yang belakangan mendapat tekanan.

Nama lain yang disebut-sebut bisa menggantikan Park adalah Lee Young Jin, Gong Oh Kyun, dan Kiattisuk Senamuang. Salah satu nama yang disebut paling berpotensi menjadi pelatih Vietnam adalah Gong yang tak lain merupakan mantan asisten Shin.

Kesepakatan bersama antara VFF dan Park untuk mengakhiri kerja sama pada 31 Januari 2023 kemungkinan besar lantaran mantan asisten Guus Hiddink di timnas Korea Selatan itu memilih balik ke negaranya menangani Timnas Korea Selatan U-20.

Pencapaian Park bersama Vietnam sejak 2017 disinyalir tak lepas dari pantauan Federasi Sepak Bola Korea (KFA).

Park sudah mulai menangani The Golden Star pada 29 September 2017. Dalam asuhan pelatih 65 tahun itu Vietnam menjadi kekuatan yang diperhitungkan, tidak hanya di kawasan Asia Tenggara, tetapi juga di Asia.

Bersama Vietnam U-23 ia mempersembahkan gelar runner up Piala Asia U-23 2018, dan selanjutnya masuk semifinal Asian Games 2018 di Indonesia. Tahun berikutnya Park berhasil meraih medali emas SEA Games 2019 di Filipina.

Bersama timnas Vietnam, Park meraih gelar juara Piala AFF 2018. Peringkat Vietnam di ranking FIFA pun melonjak tajam. Dari awalnya ke-112 (2017) kini masuk 100 besar dunia, tepatnya di urutan ke-96.

Sejatinya menangani tim usia muda Korea Selatan bukan pengalaman baru bagi Park. Lelaki ekpresif ini pernah mengasuh Korea Selatan U-23 pada 2002. Namun kiprahnya tak berlangsung lama. **


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar