SMRC: Pemilih NasDem Mayoritas Ingin Ganjar Jadi Presiden

Rakernas Partai NasDem

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Mayoritas pemilih Partai NasDem disebut mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024. Hal ini tercermin dalam hasil jajak pendapat yang dilakukan lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) berdasarkan masa pemilih Pemilu 2019.

"Hasil survei menunjukkan bahwa pemilih NasDem di 2019 yang akan memilih Ganjar jika pilpres diadakan sekarang sebanyak 41 persen," ungkap Mujani melalui akun Youtube SMRC TV yang disiarkan pada Sabtu, 18 Juni 2022.

Mujani mengatakan aspirasi Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem cukup konsisten dengan pemilih NasDem. "Artinya NasDem mendengarkan apa kata pemilih mereka sendiri," kata pendiri SMRC tersebut.

Selain Ganjar, survei SMRC juga menunjukkan bahwa 31 persen pemilih Partai NasDem akan memberikan suaranya untuk partai jika NasDem mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Pilpres 2024. Mujani menilai hal ini menarik lantaran kedua tokoh tersebut berasal dari luar Partai NasDem.

"Ini menunjukkan NasDem cukup terbuka terhadap berbagai aspirasi yang berkembang dalam masyarakat," ungkap dia.

Menurut Mujani, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh berusaha membuat partainya menjadi kendaraan politik yang bisa digunakan oleh siapa pun yang ingin maju dalam pencalonan presiden 2024. Itu menjadi salah satu alasan mengapa NasDem bersifat terbuka terhadap nama-nama yang berkembagn di masyrakat.

"Tokoh utama NasDem sendiri tidak mencalonlan diri. NasDem mungkin bisa mengeklaim, silakan NasDem digunakan sebagai kendaraan untuk menyampaikan aspirasi dan kepentingan politik masyarakat secara luas," jelas dia. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar