Untuk Kali Pertama, Rusia Tembakkan Rudal Canggih Hipersonik ke Ukraina

Rudal Hipersonik Rusia

TRANSKEPRI.COM.KIEV- Rudal hipersonik Rusia menghantam salah satu fasilitas militer Ukraina di wilayah Ivano-Frankivsk, Sabtu (19/3).

Seperti diberitakan Reuters, Kementerian Pertahanan Rusia menyebutkan bahwa sebuah depot rudal dan amunisi pesawat milik Ukraina telah hancur dihantam rudal Hipersonik.

Kementerian mengatakan pihaknya juga telah menghancurkan radio militer Ukraina dan pusat pengintaian di dekat kota pelabuhan Odessa menggunakan sistem rudal pantai

Pihak kementerian tidak menyebutkan secara spesifik rudal hipersonik yang dimaksud.

Ini adalah pertama kalinya Rusia mengaku menggunakan senjata hipersonik dalam invasinya ke Ukraina.

Bergerak melebihi kecepatan suara, misil hipersonik adalah salah satu senjata paling canggih yang dikembangkan Rusia.

Zircon, salah satu senjata hipersonik Rusia yang telah diungkap ke publik, dikabarkan tak terdeteksi oleh radar tercanggih sekalipun.

Presiden Vladimir Putin mengumumkan rangkaian senjata hipersonik baru pada 2018 dalam salah satu pidatonya yang paling agresif selama bertahun-tahun.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengeklaim senjata ini mampu menjangkau hampir semua titik di dunia, sekaligus menghindari sistem pertahanan Amerika Serikat.

Ia mengeklaim bahwa senjata-senjata itu mampu menjangkau hampir semua titik di dunia, sekaligus menghindari sistem pertahanan rudal buatan Amerika Serikat. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar