Israel-Palestina Gelar Perundingan Terkait Ekonomi dan Keamanan

Penampakan kota di Gazza

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di West Bank pada Minggu (29/8). Mengutip dari AFP, perwakilan dari dua pihak merundingkan persoalan keamanan dan ekonomi.

Pertemuan ini merupakan perundingan resmi pertama Israel-Palestine sejak Perdana Menteri Naftali Benett menjabat pada Juni lalu.

"Menteri Pertahanan Benny Gantz bertemu dengan Ketua Otoritas Palestina Mahmud Abbas (Minggu) malam untuk membahas kebijakan keamanan, masalah sipil dan ekonomi," ujar Kementerian Pertahanan Israel dikutip AFP.Pertemuan ini juga dihadiri kepala militer Israel yang bertanggung jawab atas urusan sipil di wilayah Palestina, Ghasan Alyan, pejabat senior PA Hussein Al Sheikh, dan kepala intelijen Palestina Majid Faraj. Al Sheikh turut mengkonfirmasi pertemuan itu di Twitter.

Gantz menyampaikan bahwa Israel berupaya untuk mengambil langkah yang dapat memperkuat ekonomi Palestina. Mereka juga membahas isu keamanan dan situasi di West Bank dan Gaza.

Bennett sendiri adalah seorang nasionalis garis keras yang menentang Palestina menjadi sebuah negara. Selain itu, Israel dan salah satu milisi Palestina, Hamas, juga mengalami konflik pada Mei tahun ini.Hubungan antara Israel dan Palestina, yang berbasis di West Bank, terus memburuk dalam beberapa tahun terakhir.

Bentrokan yang terjadi selama sebelas hari itu merupakan permusuhan terburuk yang terjadi sejak tahun 2014. Konflik terus berlanjut meskipun ada gencatan senjata yang ditengahi Mesir.

Mahmoud Abbas sebelumnya mendapat kritikan dari berbagai pihak di dunia karena dianggap bertanggung jawab atas kematian sejumlah tokoh penting di penjara Palestina. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar