Wah, Penderita Corona yang Sudah Sembuh Diminta Buang Sikat Gigi Bekas, Ini Alasannya

Sikat gigi bekas pakai

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Pasien Corona yang menjalani isolasi mandiri di rumah disarankan untuk sebisa mungkin tidak berbagi alat makan, minum, dan mandi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko orang lain terpapar COVID-19.

Pasien Corona isolasi mandiri juga sebaiknya menggunakan kamar tidur dan kamar mandi yang terpisah dari keluarga agar tidak terjadi pertukaran virus. Isolasi mandiri pasien Corona tanpa gejala bisa selesai dalam 10 hari.

Bagi pasien Corona yang sudah dinyatakan sembuh, ada hal penting yang sebaiknya dilakukan untuk memastikan anggota keluarga terbebas dari risiko penularan: membuang sikat gigi.

"Hal yang harus dilakukan setelah pulih dari Covid-19: buang alat kebersihan pribadi Anda seperti sikat gigi dan pembersih lidah," demikian saran dari Satgas COVID-19 IDI, Prof Zubairi Djoerban dalam cuitannya yang dikutip detikcom, Rabu (13/7/2021).

Tujuan membuang sikat gigi usai isoman adalah untuk melindungi penyintas dan juga anggota keluarga. Kalau perlu, buat wadah terpisah agar mengurangi penyebaran virus.

Dokter gigi berpandangan bahwa seseorang yang baru sembuh dari COVID-19 harus segera mengganti sikat giginya setelah sembuh. Ini, kata mereka, tidak hanya melindungi orang tersebut dari kemungkinan infeksi ulang tetapi juga dapat menyelamatkan orang lain yang menggunakan kamar kecil yang sama di rumah.Disarankan para ahli

"Jika Anda atau siapa pun dalam lingkaran keluarga dan teman Anda telah tertular COVID-19, setelah pulih, pastikan untuk mengganti sikat gigi, pembersih lidah, dll. Ini dapat menampung virus, dan sebaiknya dibuang," kata Dr Pravesh Mehra , Bedah Gigi HOD, Universitas Kedokteran Lady Hardinge, New Delhi, dikutip dari India Today.

Ia menjelaskan, hal ini karena bakteri/virus yang menumpuk pada sikat gigi yang lama kelamaan diketahui dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar