Harley-Davidson Sportster S Baru Meluncur, Bukan Serigala Berbulu Domba

Harley-Davidson Sportster S memiliki tenaga yang lebih besar dua kali lipat dibanding model sebelumnya. Foto/Harley-Davidson.

TRANSKEPRI.COM, MILWAUKEE - Harley-Davidson akhirnya merilis secara resmi Harley-Davidson S terbaru dengan banyak perubahan besar. Salah satu perubahan yang paling mencolok adalah penggunaan mesin baru Revolution Max 1250T yang juga digunakan oleh motor baru Harley-Davidson lainnya yakni Harley-Davidson Pan America.

Mesin baru tersebut membuat Harley-Davidson Sportster S memiliki tenaga dua kali lipat lebih besar dibanding versi sebelumnya Harley-Davidson Iron 1200 yang hanya memiliki tenaga 60 daya kuda. Kini Harley-Davidson Sportster S hadir dengantenaga 120 daya kuda. Hanya berbeda sedikit dengan Harley-Davidson Pan America yang memiliki tenaga 150 daya kuda.

Selain mesin baru dan tenaga yang lebih besar, Harley-Davidson juga merevisi desain Harley-Davidson Sportster S. Kali ini motor tersebut dilengkapi dengan frame baru dan dimensi yang lebih kompak. Uniknya perpaduan dimensi kompak dan frame baru tersebut berhasil membuat Harley-Davidson Sportster S jauh lebih gagah dan mengancam.

Mesin baru dan knalpot ganda yang ada di sebelah kanan motor membuat Harley-Davidson jadi begitu berotot. Setidaknya hal ini mengimbangi tenaga baru yang ada di motor tersebut. Motor ini berhasil mengubah imej sebelumnya dari sebuah cruiser menjadi sebuah motor berotot.

"Setiap elemen visual desain motor ini adalah ekspresi dari tenaga murni yang ada di motor tersebut. Motor ini bukan serigala berbulu domba tapi serigala dengan jubah serigala," Brad Richards, Vice President of Styling and Design Harley-Davidson.

Penggunaan frame baru juga membuat power to weight ratio dari motor ini semakin baik. Pasalnya bobot motor ini lebih ringan 28 kilogram dibandingkan Harley-Davidson Sportster edisi sebelumnya. Tentu dengan tenaga yang mencapai 120 daya kuda maka motor ini jauh lebih menegangkan saat dieksplorasi maksimal.

Perubahan lainnya yang menarik adalah teknologi pendingin yang kali ini menggunakan teknologi water cooled. Jauh lebih advanced ketimbang teknologi air cooled yang sebelumnya ada di Harley-Davidson Sportster.

Posisi berkendara juga jadi lebih sporty ketimbang Harley-Davidson Sportster lama. Hal ini terjadi karena frame yang lebih kompak, posisi knalpot yang lebih tinggi dan jangkauan tangan ke depan yang lebih sedikit menunduk. Hanya saja Harley-Davidson masih mengakomodir keinginan konsumen yang ingin mengendarai motor baru Harley-Davidson itu dengan lebih rileks.

"Ini adalah Sportster generasi berikutnya yang menghadirkan sisi kekuatan, kinerja, teknologi, dan gaya. Motor ini adalah bagian dari komitmen kami untuk memperkenalkan sepeda motor yang sejalan dengan strategi kami untuk meningkatkan keinginan dan mendorong warisan Harley-Davidson," ujar Jochen Zeitz, CEO Harley-Davidson.

Disebutkan Autoblog, Harley-Davidson Sportster S akan dijual di harga USD14.999 atau setara Rp214 juta. Motor akan segera dikirimkan ke konsumen pada akhir tahun ini. (net)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar