Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Digelar Pemko Tanjungpinang, Ini Hadiahnya

Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma

TRANSKEPRI.COM.TANJUNGPINANG-
Wali Kota Tanjungpinang Rahma membuka secara resmi kegiatan lomba inovasi teknologi tepat guna yang dicanangkan oleh Dinas pemberdayaan perempuan perlindungan anak dan pemberdayaan (DP3APM) kota Tanjungpinang.

Mengangkat tema, "Dengan lomba inovasi teknologi tepat guna kita tingkatkan kreativitas dan inovatif yang berbasi pemberdayaan masyarakat", berlangsung di Aula SMP Negeri 4 Tanjungpinang.

"Hari ini kegiatan pameran dan lomba inovasi teknologi tepat guna resmi dimulai," kata Rahma kepada awak media, Kamis (8/4/2021).

Lanjutnya, Rahma menjelaskan perlombaan teknologi tepat guna mengedepankan semangat bagaimana bisa membantu karya yang bermanfaat kepada masyarakat yang dapat diproduksi secara massal.

"Tadi dari sekian banyak yang ikut bertanding masing masing peserta mempunyai keahlian dari alat diperlombakan, terlepas dia masuk kategori terbaik atau tidak apa yang mereka tampilkan itu semua sudah bisa di manfaatkan," jelasnya.

Rahma juga mengatakan, Pemerintah Kota Tanjungpinang akan memfasilitasi serta berupaya bagaimana  mendorong menciptakan tekonologi yang ramah lingkungan yang dapat bernilai ekonomis maupun menjadi alat bantu produksi setiap rumah tangga atau naik lebih besar.

Masih di tempat yang sama, kepala Dinas pemberdayaan perempuan perlindungan anak dan pemberdayaan masyarakat, Rustam menuturkan kegiatan lomba ini bertujuan untuk menumbuhkan kreatifitas bidang teknologi tepat guna.

Rustam juga menyampaikan sebanyak 15 peserta yang terdiri dari masyarakat umum, mulai dari, pelajar mahasiswa, dosen hingga masyarakat umum yang lainnya menampilkan karya teknologi ramah lingkungan.

"Mereka menampilkan karya teknologi pengelolaan sampah plastik limbah plastik jadi paving block, teknologi filter asap rokok, teknologi kulkas mini, pembuatan hand sanitizer, teknologi kloset untuk para lansia, teknologi pembuatan bio gas dari kotoran sapi, serta teknologi plastik dari bahan alami dari kulit singkong dan nanti bisa dimakan selain sebagai wadah bisa dimakan," ucapnya.

Rustam menambahkan, nantinya para peserta akan memperebutkan total hadiah 35,5 juta yang di tentukan sebagai pemenang yang memiliki teknologi berguna bagi masyarakat.

Adapun total hadiah yang di maksud yaitu:
- Jauara pertama 10 juta.
- Juara kedua 7 juta.
- Juara ketiga 6 juta
- Juara harapan satu 5 juta.(san)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar