BATAM

Raut Wajah Ceria dan Senyum Siswa saat Kembali ke Sekolah

Wawako Batak, H Amsakar Achmad saat memantau pelaksanaan sekolah tatap muka

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Wakil Walikota Batam, Drs Amsakar Achmad, Kapolsek Belakang Padang, AKP Sulam, SH beserta Kepala Dinas Pendidikan Batam, Hendri Arulan mendatangi beberapa sekolah di Kecamatan Belakang Padang, Rabu (06/01/2021) terkait sistim belajar tatap muka.

Meskipun demikian, pihak sekolah wajib untuk menyediakan fasilitas cuci tangan dan semua murid yang datang dilakukan pengecekan suhu tubuh mereka, dengan memakai thermogun. Sebagai ketentuan penerapan protokol kesehatan.

Wawako Batam, Drs Amsakar Achmad mengungkapkan, terhitung sejak Rabu (6/1/21) beberapa sekolah di wilayah Kecamatan Belakang Padang (interland), sudah bisa melakukan sistim pembelajaran dengan tatap muka. 

"Di antaranya adalah, SD Negeri 01, SMP Negeri 01, SD Negeri 04, SMP Negeri 02 di Kecamatan Belakang Padang," sebut Amsakar, Rabu pagi, di saat melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap sekolah yang sudah melakukan sistem pembelajaran tatap muka.

Amsakar pun juga mengingatkan pelajar agar bisa mematuhi protokol kesehatan, secara benar, dengan menerapkan 3M. 

"Yakni, mulai dari memakai masker, cuci tangan sebelum memasuki sekolah, dan menjaga jarak dalam ruangan kelas, dan tidak berkerumun saat istirahat ataupun ketika berada disekolah," paparnya.

Kemudian, kata Amsakar, jumlah siswa di setiap kelas juga harus dapat dibatasi, sehingga tidak penuh seperti biasanya.

"Jika dikelas itu terdapat 36 murid maka dibagi dua shift. Pagi serta siang. Ketika pergantian mata pelajaran, semua siswa tetap didalam kelas. Maka yang berganti itu adalah gurunya," kata Wawako Batam

Amsakar mengajak para orangtua siswa untuk bersama-sama, melakukan setiap pengawasan pada anak-anak. Terutama saat jam pulang sekolah, agar di jemput orangtua siswa, dengan tujuan agar bisa mencegah mereka tidak berkeliaran, jam pulang sekolah. 

"Untuk bisa meningkatkan pengawasan di lapangan, kami juga akan melakukan koordinasi dengan Polsek yang dibantu Satpol PP Kecamatan, maupun Babinsa di Belakang Padang, dengan melakukan Patroli rutin di lapangan," paparnya.

Kapolsek Belakang Padang, AKP Sulam SH juga memberikan himbauan kepada siswa-siswa agar menerapkan protokol kesehatan, sehingga tidak terjadi suatu hal yang tidak baik sertamerugikan diri sendiri.

"Pastikan, apa yang kita sentuh itu tidak menjadi masalah terhadap setiap siswa.
Baik itu berupa makanan maupun wajah, tangan kita harus dalam keadaan bersih dengan menerapkan disiplin M3," sebut AKP Sulam.

Saat kesempatan itu Kapolsek Belakang Padang  bersama Wakil Walikota Batam  mengungkapkan, pemantauan terhadap sekolah yang melaksanakan tatap muka saat Pandemi Covid 19, dilakukan untuk memastikan kesiapan setiap sekolah itu

"Dalam pelaksanaan tatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan. Akan kita evaluasi selama 2 bulan ke depan, untuk menentukan perpanjangan waktu dalam pembelajaran tatap muka di sekolah ini," tegas Kapolsek Belakang Padang.

Pantauan di lapangan, para siswa-siswi sekolah SD serta SMP Belakangpadang, mereka tampak bersemangat memasuki sekolah. Karena adanya rasa rindu akan kursi belajar dan serta kawan-kawannya.

Bahkan ada teriakan dan sapa terdengar bersahutan, diantara sesama pelajar itu, karena sudah lama mereka tidak bersua

"Enak, kami dapat belajar lagi di sekolah dari pada di rumah, bosan,” kata Syaiful, seorang siswa SD Negeri 001 Belakang Padang, dengan senyum gembira. (wan)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar