Ini 10 PT Swasta Terbaik Versi Ristekdikti Tahun ini

Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia

 

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Dari 100 perguruan tinggi non-vokasi yang masuk dalam klasterisasi Kemeristekdikti di tahun 2019, ada beberapa universitas swasta berkualitas yang mampu bersaing di klaster II dan III. Berikut adalah sepuluh perguruan tinggi swasta tahun ajaran 2019/2020 versi Ristekdikti.

 

1. Universitas Telkom

Peringkat pertama diisi oleh Universitas Telkom Bandung. Secara peringkat nasional, kampus yang berlokasi di kawasan Dayeuhkolot, Bandung ini berada di urutan ke-14.

 

2. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia yang berada di Yogyakarta menjadi perguruan tinggi swasta terbaik kedua di Indonesia. Kampus ini berada di urutan ke-17 nasional.

 

3. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara (Binus) termasuk kampus favorit di DKI Jakarta. Peminatnya gak kalah ramai dengan perguruan tinggi negeri di sekitarnya.

Binus menempati peringkat ke-3 kampus swasta terbaik di Indonesia. Dilihat dari peringkat nasionalnya, kampus yang berlokasi di Jakarta Barat ini berada di urutan ke-20.

 

4. Universitas Katolik Parahyangan

Berikutnya ada Universitas Katolik Parahyangan Bandung di posisi ke-4. Kampus yang dikenal unggul lewat prodi Hukum, Kedokteran, dan Komunikasi ini ada peringkat ke-26 nasional.

 

5. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Dua kampus Atma Jaya berada di daftar sepuluh besar perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Universitas Atma Jaya Yogyakarta sedikit lebih unggul, berada di peringkat ke-5.

 

6. Universitas Katolik Atma Jaya

Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta mengekor di posisi ke-6. Peringkat nasional kampus yang berlokasi di kawasan Setiabudi ini ada di urutan ke-32.

 

7. Universitas Tarumanagara

Peringkat ke-7 diisi oleh Universitas Tarumanagara. Dilihat peringkat nasionalnya, kampus ini berada di urutan ke-34.

 

8. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menjadi kampus swasta terbaik ketiga di Yogyakarta setelah Universitas Islam Indonesia dan Atma Jaya. Kampus yang terletak di Bantul ini ada di peringkat ke-8, atau urutan ke-35 nasional.

 

9. Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan yang juga berlokasi di Yogyakarta mengisi peringkat ke-9. Secara peringkat nasional, kampus yang berdiri sejak tahun 1960 ini berada di urutan ke-37.

 

10. Universitas Muhammadiyah Malang

Ditutup oleh Universitas Muhammadiyah Malang yang berada di peringkat ke-10 kampus swasta terbaik tahun 2019/2020 versi Ristekdikti. Dilihat peringkat nasionalnya, perguruan tinggi swasta terbaik di Jawa Timur ini berada di urutan ke-38.

Sepuluh universitas swasta di atas bisa menjadi alternatif melanjutkan studi selain perguruan tinggi negeri. Kampus nomor berapa, nih yang sudah kamu incar? (009/idntimes)

 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar