Evakuasi WNI dari Wuhan, Jokowi: Antrean Kita Sudah di Depan

Evakuasi WNI dari Wuhan, Jokowi: Antrean Kita Sudah di Depan

TRANSKEPRI.COM. JAKARTA - Pemerintah telah memutuskan untuk melakukan evakuasi 243 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Wuhan, Provinsi Hubei, dan kota-kota sekitarnya. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa proses evakuasi ini dikoordinasikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

Hal ini disampaikan Jokowi saat melakukan kunjungan kerja di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). "Kemarin sore sudah kita putuskan dalam rapat terbatas bahwa saya sudah perintahkan untuk segera mengevakuasi warga negara Indonesia yang ada di Wuhan dan sekitarnya. Ini dikoordinir oleh Menteri Luar Negeri bersama seluruh menteri terkait," ujarnya melalui siaran pers yang diterima SINDO, Jumat (31/1/2020).

Dia mengatakan, Pemerintah RI melalui Menlu Retno Marsudi telah berkomunikasi dengan otoritas China. Dia menyebut antrean Indonesia untuk mengevakuasi WNI di urutan depan. Hal ini mengingat bahwa selain Indonesia, sejumlah negara lainnya juga memiliki keinginan yang sama untuk mengevakuasi warganya dari Cina.

"Masih dalam proses. Masih kita proses karena yang ingin evakuasi bukan hanya Indonesia saja. Tetapi antrean kita sudah di depan," ungkapnya.

Selain itu, persiapan penerimaan di Tanah Air juga terus dilakukan sesuai dengan prosedur dan protokol kesehatan yang berlaku. "Kemarin WHO juga sudah mengumumkan situasi darurat global yang terkait dengan virus korona. Jadi saya kira keputusan kita kemarin untuk mengevakuasi itu sudah betul," pungkasnya. (zik)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar