Bagi Anda yang Terbiasa Bangun Pagi, Ini Keuntungan yang Diperoleh

Ilustrasi: Bangun pagi

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Morning person adalah sebutan untuk orang-orang yang suka bangun pagi. Hal ini sudah menjadi lumrah di Indonesia mengingat jam masuk sekolah dan kantor saja antara pukul 7-8.

Walaupun berat untuk bangun pagi pukul 04.30, tapi keterpaksaan ini bisa membuat kita terbiasa dengannya.

Pakar Biologi Christoph Randler mengatakan, morning person cenderung mendapatkan nilai yang baik di sekolah. "Mereka biasanya masuk ke universitas yang lebih baik dan mudah mendapat pekerjaan."

Lebih mengejutkannya lagi, ada banyak manfaat yang didapatkan seorang morning person dalam menjalani kesehariannya menurut penelitian-penelitian yang dilaporkan Insider berikut ini. 

1. Lebih bahagia

Morning person akan berhubungan dengan memiliki kebahagiaan yang lebih. Sinar matahari pagi akan memengaruhi mood baiknya. Ini merupakan bagian dari lebih siap saat masuk kantor atau sekolah.

2. Memiliki berat badan yang lebih ringan

Menurut hasil analisis jurnal 'Nature Communiccations', orang yang bangun pagi dikaitkan dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) yang rendah. Di penilitian lain, ini juga berkaitan dengan paparan sinar matahari pagi yang didapatnya.

3. Memiliki kualitas tidur yang baik

Penelitian dilakukan oleh perusahaan 23andMe yang menemukan hanya sekitar 20% morning person yang menderita insomnia.

4. Rendah risiko diabetes dan sindrom metabolik

Sebuah penelitian terhadap orang Korea paruh baya yang bangun siang menunjukkan lebih mungkin menderita sindrom metabolik daripada yang bangun pagi. Ini juga meningkatkan peluang untuk berkembangnya penyakit jantung.(tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar