Terlalu Banyak Konsumsi Garam Bisa Rusak Ginjal Lho, Ini Penyebab Lainnya

Garam dapur

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Ginjal adah salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh. Namun, beberapa kebiasaan tertentu bisa merusak ginjal anda.

Ginjal memiliki banyak fungsi, seperti menyaring darah, memproduksi hormon, menghasilkan urin, menyerap mineral, menetralkan zat asam, dan menghilangkan racun dalam tubuh.

Untuk itu, sudah sewajarnya bagi kita untuk menjaga kesehatannya. Salah satunya dengan menghindari kebiasan-kebiasan yang bisa merusak ginjal.

Apa sajakah kebiasan tersebut? berikut beberapa kebiasaan yang merusak ginjal.

1. Sering kurang minum air

Salah satu fungsi ginjal adalah menyaring darah, serta menghilangkan racun dan limbah sisa metabolisme tubuh.

Apabila anda sering kurang minum air dalam jumlah yang cukup, maka racun dan limbah tubuh akan menumpuk, dan bisa menyebabkan kerusakan parah pada ginjal.

2. Terlalu banyak mengonsumsi garam

Tubuh kita sebenarnya membutuhkan natrium dari garam untuk menjalankan fungsinya dengan benar.

Namun, banyak orang kini mengonsumsi garam berlebihan, sehingga bisa menaikkan tekanan darah yang pada akhirnya akan membebani ginjal. Kandugan garam yang tinggi bisa diperoleh dari makanan cepat saji, keripik, dan snack lainnya.

Perlu diketahui bahwa tekanan darah pada ginjal lebih tinggi daripada tekanan darah pada tubuh secara keseluruha. Konsumsi garam yang baik adalah tidak lebih dari 5 gram setiap hari.

3. Rutin minum minuman manis

Salah satu kebiasaan yang merusak ginjal adalah sering mengonsumsi gula berlebihan.

Studi secara ilmiah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi dua atau lebih minuman manis setiap hari, lebih mungkin untuk mendapatkan protein dalam urin mereka.

Protein yang terdapat dalam urin merupakan pertanda awal bagi orang tersebut bahwa ginjalnya tidak melakukan fungsinya dengan normal.

4. Sering menahan kencing

Apakah anda sering menahan kencing? Jika iya, sebaiknya segera hilangkan kebiasaan tersebut.

Menahan keluarnya urin akan meningkatkan tekanan pada ginjal dan membebaninya. Jika kebiasaan ini sering dilakukan, maka bukan tidak mungkin hal tersebut akan menyebabkan gagal ginjal dan memicu batu ginjal.

5. Kurang tidur malam

Salah satu kebiasaan yang paling sulit dihilangkan dan dapat merusak ginjal adalah kurangnya tidur malam atau sering begadang.

Kurang tidur bisa berkaitan dengan banyak penyakit, salah satunya penyakit ginjal. Pada malam hari, tubuh melakukan perbaikan pada jaringan tubuh yang rusak, termasuk jaringan pada ginjal anda.

Sehingga, istirahat malam akan memberikan waktu bagi tubuh untuk melakukan tugasnya tersebut.

6. Minum kopi berlebihan

Sama halnya dengan garam, kafein dalam kopi bisa meningkatkan tekanan darah yang pada akhirnya akan menempatkan tekanan tambahan pada ginjal.

Seiring waktu, mengonsumsi kopi secara berlebihan bisa merusak ginjal. Dalam takaran yang tepat, kopi bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Untuk itu, sebaiknya hindari mengonsumsi empat cangkir atau lebih dalam sehari.

Itulah enam kebiasaan yang merusak ginjal. Untuk menjaga keshatan ginjal dari ancaman kerusakan, sebaiknya hindari semua kebiasaan-kebiasaan tersebut.(tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar