TANJUNGPINANG

Danlantamal IV TPI Canangkan Kampung Bahari Nusantara

Danlatamal IV, Laksma Indarto Budiarto bersama sejumlah pejabat Kepri

TRANSKEPRI.COM.TANJUNGPINANG - Komandan Lantamal (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto menandai Pencanangan Kampung Bahari Nusantara di Keluarahan Kampung Bugis, Kota Tanjungpinang, tepatnya di kawasan Center Poin Jembatan Pelangi, melalui penekanan tombol sirine, Selasa (8/9/2020).

Dalam rangkaian kegiatan bhakti sosial terdampak Covid-19 yang disejalankan dengan  peringatan hari jadi ke-75 TNI Angkatan Laut tahun 2020 tersebut, Danlantamal IV juga melakukan pengukuhan sekaligus melakukan pelepasan sejumlah anggota Babinpotmar Lantamal IV.

Sebelum melakukan kegiatan di atas, Danlantamal IV beserta Ibu-ibu Jalasenastri dan Kowal menyempatkan diri menyinggahi Rumah Pintar Kampung Bugis, sekaligus meninjau dan menyerahkan perlengkapan sekolah bagi sejumlah anak-anak di daerah tersebut.

Usai melakukan kegiatan di Rumah Pintar, Danlantamal IB beserta ibu dan rombongannya melakukan pelepasan kegiatan jalan sehat yang di ikuti sejumlah warga di lokasi Star depan Suro Nurul Hajj, Kampung Bugis, sembari berjalan kaki sekitar 1,5 Kilometer menuju  Center Poin Jembatan Pelangi, tempat pucak kegiatan Pencanangan Kampung Bahari Nusantara.

Dikawasan ini, Danlantamal IV beserta rombongan dan sejumlah pejabat lainnya, juga menyaksikan kegiatan perlombaan Sampan Kolek Melayu, sekaligus pembagian Sembako, penyerahan hadiah pemenang lomba Sampan Kolek Melayu dan pembagian  doorprize.

Sejumlah rangkaian kegiatan Danlantamal IV Tanjungpinang tersebut di Kelurahan Kampung Bugis, tetap melalui pendisiplinan protokol kesehatan Covid 19 dengan melalui pemeriksaan oleh tim medis kesehatan yang diturunkan.
 
Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten I Pemerintah Provinsi Kepri Raja Ariza, mewakili Gubernur Kepri, Isdianto yang sedang bertugas di luar kota, Danrem 033 Wira Pratama, Kapolres Tanjungpinang, Kapolres Bintan, serta sejumlah pejabat lainnya, termasuk Walikota Tanjungpinang, Hj.Rahma yang sempat terlihat hadir sebentar, sebelum akhirnyameninggalkan lokasi untuk menghadiri rapat penting di kantornya.   

 Dalam sambutanya, Danlantamal  IV Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto menyampaikan. bahwa sesuai UU Nomor 34 tahun 2004, salah satu tugas pokok TNI dilaksanakan melalui pola operasi militer selain perang (OMSP) yang diantara implementasinya pemberdayaan wilayah pertahanan.

"Tugas TNI ini pada hakekatnya adalah membantu pemerintah dalam menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan negara yang disiapkan secara dini meliputi wilayah pertahanan bersama kekuatan pendukungnya, berupa sumber daya nasional,"ujar Indarto.

Ia juga menyebutkan, bahwa kegiatan pencanangan Kampung Bahari Nusantara merupakan salah sati perwujudan dari tugas TNI Angkatan Laut dalam upaya membantu pemerintah daerah menciptakan masyarakat maritim yang cinta dan ikut melestarikan laut nusantara di daerahnya.

"Sedangkan terbentuknya Babinpotmar merupakan wujud nyata peran serta TNI Angkatan Laut dalam pembinaan masyarakat pesisir untuk menggali juga melestarikan potensi maritim di wilayahnya,"ungkap Indarto.

Disampaikan, bahwa kegiatan pencanakan kampung bahari nusantara dan pengukuhan Babinpotmar ini disejalankan dengan peringatan hari jadi ke-75 TNI Angkatan Laut yang puncaknya pada 10 September 2020 mendatang. 

"Tema yang diambil tahun ini adalah, dengan semangat Jalesveva Jayamahe, kita siap mewujudkan TNI Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh guna mendukung Indonesia maju,"jelasnya.

Danlantamal juga menyampaikan, bahwa terpilihnya Kampung Bugis sebagai lokasi dalam kegiatan ini, disebabkan kriteria kawasan ini masuk dalam kriteria kampung bahari nusantara yang ditandai adanya tempat edukasi rumah pintar, tempat rekreasi dan ketahanan pangan.

"Perlu diketahui, bahwa pencanangan kampung bahari nusantara dan pengukuhan Babinpotmar sebelumnya telah diresmikan oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono pada 5 Agustus 2020, terpusat di Desa Tanjung Pasir, Teluk Naga, Tangerang, Banten yang diikuti secara virtual melalui video teleconference oleh sejumlah Satker jajaran TNI Angkatan Laut di daerah masing-masing,"ungkapnya.

Tujuannya adalah, lanjut Danlantamal. agar dapat bersama mengamankan wilayah serta dapat mensejahaterakan masyarakat, terutama yang berada di wilayah kerjanya masing-masing. 

Ditempat yang sama, Asisten I Pemprov Kepri, Raja Ariza membacakan sambutan dari Gubernur Kepri, Isdianto yang menyambut baik serta apresiasi yang tinggi atas kegiatan yang dilakukan Lantamal IV Tanjungpinang ini sebagai salah satu upaya memperkuat wilayah maritim di Kepri, sekaligus menciptakan kawasan yang damai dan stabil, melalui kerjasama yang solit antar sesama komponen bangsa juga pemerintah dengan berbagai upaya.  

"Provinsi Kepri merupakan wilayah kepualaun yang luas wilayah lautnya lebih besar dari daratan, serta memiliki posisi yang sangat strategis berbatasan dengan lima negara, terletak di jalur internasional Selat Malaka dan Laut Cina Selatan juga Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI),"ucapnya.     

Disampaikan, bahwa kawasan pesisir disekitar laut Kepri sesungguhnya memiliki potensi yang luar biasa. Berbagai potensi ini juga digali dan dikelola dengan baik akan menjadi aset yang justru membawa dampak positif juga manfaat bagi masyarakat sekitarnya.

"Sejumlah potensi tersebut, selanjutnya juga dapat menjadi ajang kerjasama antara kawasan, mulai dari bidang ekonomi, lingkungan, kelautan dan pariwisata,"ujarnya. (tim)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar