SUMATERA BARAT

Ternyata Orang Padang dan Orang Minang Itu Berbeda

Rumah adat Minangkabau

TRANSKEPRI.COM.PADANG- Sumatera Barat tengah ramai dibahas di dunia politik usai ucapan Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDIP Puan Maharani. Terlepas dari isu politik, seringkali perantau dari Sumatera Barat disebut sebagai orang Padang. Padahal bisa jadi mereka bukan orang Padang lho.

Mungkin bagi perantau dari Sumatera Barat sudah biasa disebut sebagai orang Padang ataupun orang Minang oleh orang 'luar'. Namun sejatinya kedua julukan tersebut memiliki makna yang berbeda. Sebagai orang Minang yang merantau, sering kali saya ditanyai seperti ini.

"Kamu orang padang ya?"
"Padangnya dimana? Bukittinggi?"

Terus, bagaimana dengan orang-orang Minang yang tinggal di Bukittinggi, Solok, Batusangkar, Padang Pariaman, Pesisir Selatan dan lainnya? Kenapa mereka di tanah rantau mereka cenderung menjawab "iya" saat ditanyai "kamu orang Padang?"Sedangkan Minang merujuk kepada suatu suku atau identitas dalam masyarakat. Atau bahasa lebih sederhananya orang-orang yang memiliki darah keturunan suku Minangkabau. Apakah orang Minang bisa disebut orang Padang? Bisa, jika dia menetap atau tercatat secara administrasi sebagai warga Kota Padang.Padang merujuk kepada ibukota Sumatera Barat dan orang Padang berarti orang yang menetap atau tercatat secara administrasi di wilayah Kota Padang. Nah, apakah dia orang Minang? Bisa jadi iya, bisa juga tidak. Tergantung garis keturunan ibunya atau matrilineal.Perlu traveler ketahui, orang Padang dan orang Minang sangatlah berbeda. Belum tentu orang Padang adalah orang Minang, begitu juga sebaliknya. Belum tentu juga orang Minang adalah orang Padang. Bisa juga dia adalah orang Padang dan juga orang Minang lho.

Bisa jadi alasannya supaya tidak ribet menjelaskan kepada orang-orang yang bukan dari Sumatera Barat. Wilayah Sumatera Barat mempunyai banyak daerah dan tentu saja kami harus menjelaskan lebih detail dimana kampung halaman kami. Dan tentu saja, nama daerah-daerah kecil itu sangat tidak familiar bagi orang di luar Sumatera Barat.

Jadi saat ditanya "Apakah kamu orang Padang?" rata-rata akan menjawab "iya" karena mereka tidak perlu menjelaskan detail lagi. Orang-orang sudah tahu, bahwa Padang adalah ibukota Sumatera Barat dan pasti semua orang hafal dan tahu dimana itu.

"Batusangkar itu dimana?"Berbeda kasusnya saat kami menjawab "bukan, saya orang Batusangkar", dan pasti akan timbul pertanyaan seperti ini,

"Beda ya Batusangkar dengan Padang?"
"Jauh nggak Batusangkar itu dari Padang?" dan deretan pertanyaan lainnya.

Nah, itulah perbedaan orang Padang dengan orang Minang ya traveler. Bisa jadi orang Padang adalah orang Minang, dan belum pasti juga orang Minang itu adalah orang Padang. Jangan salah lagi ya.(tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar