Operasi Zebra Seligi 2024, Polres Lingga Gelar Apel Pasukan

Kapolres Lingga AKBP Apri Fajar Hermanto, S.I.K saat memimpin apel pasukan operasi Zebra Seligi 2024 di Mapolres Lingga. (polreslingga)

TRANSKEPRI.COM.LINGGA- Polres Lingga mengadakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Kepolisian Kewilayahan bertajuk Zebra Seligi 2024 dengan tema “Melalui Operasi Zebra 2024, Mendukung Suksesnya Pelantikan Presiden/Wakil Presiden Terpilih serta Mengajak Masyarakat untuk Tertib Berlalu Lintas demi Terwujudnya Kamseltibcarlantas yang Aman dan Nyaman”.

Acara yang berlangsung di lapangan Upacara Tri Brata Polres Lingga, Senin (14/10/2024) dipimpin Kapolres Lingga AKBP Apri Fajar Hermanto, S.I.K., serta dihadiri oleh Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), OPD (Organisasi Perangkat Daerah), tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan pejabat utama Polres Lingga beserta anggota.

Dalam amanatnya, Kapolres Lingga menyampaikan bahwa operasi ini dilaksanakan sebagai upaya menjawab permasalahan lalu lintas yang semakin kompleks seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan dan kebutuhan mobilitas masyarakat.

 “Operasi ini diharapkan dapat membangun ketertiban berlalu lintas guna mewujudkan Kamseltibcarlantas yang Presisi, sesuai dengan amanat UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” ungkap Kapolres.

Operasi Zebra Seligi 2024 akan berlangsung selama 14 hari, mulai 14 hingga 27 Oktober 2024, dan dilaksanakan secara nasional dengan fokus pada pengendara yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas serta lokasi rawan pelanggaran dan kecelakaan.

Kapolres Lingga juga menekankan pentingnya penegakan hukum melalui E-Tilang dan teguran pada 7 prioritas pelanggaran, yaitu:

    1.    Penggunaan handphone saat mengemudi
    2.    Melawan arus
    3.    Berboncengan lebih dari satu orang
    4.    Pengemudi di bawah umur
    5.    Tidak menggunakan helm SNI
    6.    Mengemudi dalam pengaruh alkohol
    7.    Mengemudikan kendaraan melebihi batas kecepatan.

Di akhir amanat, Kapolres mengingatkan anggota yang terlibat dalam operasi ini untuk mengedepankan tindakan preventif dan humanis, serta menghindari pungutan liar. “Penting bagi anggota untuk mengutamakan keamanan dan keselamatan, serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas,” pungkasnya.

Operasi Zebra ini diharapkan mampu meningkatkan keselamatan lalu lintas di Lingga dan mendukung kelancaran pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih. (*)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar