Indonesia Juara Piala AFF U-19 2024 Setelah Kalahkan Thailand 1-0 di Final

Skuad Timnas sepak bola Indonesia menjuarai Piala AFF U-19 setelah mengalahkan Thailand 1-0 pada partai final, Senin (29/07/24) di GBK Surabaya. (net)

TRANSKEPRI.COM.SURABAYA- Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Thailand U-19 pada final Piala AFF U-19 2024. Garuda Muda juara usai menang 1-0 berkat gol Jens Raven.

Final Piala AFF U-19 2024 mempertemukan Indonesia vs Thailand di Stadion Gelora BungTomo, Surabaya, Senin (29/7/2024). Garuda bisa membuka keunggulan melalui Jens Raven di menit ke-18.

Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga babak pertama tuntas. Pada babak kedua, Thailand lebih dominan.

Lini belakang Indonesia tampil disiplin meredam serangan Gajah Perang. Thailand gagal bikin gol penyama kedudukan hingga laga tuntas.

Indonesia menutup laga dengan kemenangan 1-0. Hasil ini membawa pasukan Indra Sjafri juara Piala AFF U-19 2024. Ini merupakan gelar kedua untuk Indonesia di ajang Piala AFF U-19 setelah pada tahun 2013.

Jalannya Pertandingan

Indonesia mengambil inisiatif menyerang di awal laga. Tusukan Riski Afrisal dari sisi kiri merepotkan lini belakang Thailand. Umpan tariknya tapi masih bisa dihalau.

Thailand berusaha mencuri kesempatan lewat Thanawut Phochai. Namun bola lebih dekat ke Ikram Algiffari.

Thailand perlahan mulai bisa lepas dari tekanan Indonesia.Tim Gajah Perang mulai bisa memegang kendali laga.

Kondisi ini justru bisa dimanfaatkan Indonesia untuk melakukan serangan balik cepat. Arlyansyah Abdulmanan mendapat bola dari Jens Ravens. Tembakannya tapi masih bisa diblok hingga mudah diamankan Kittipong Bunmak.

Thailand hampir saja membuka keunggulan di menit ke-14. Thanakrit Chotmuangpak menyodorkan bola ke Thanawut yang langsung melepas sepakan keras. Indonesia selamat dari kebobolan usai bola menerpa tiang.

Indonesia bisa mencetak gol di menit ke-18. Umpan sepak pojok Kafiatur Rizky bisa disambar Kadek Arel. Bola kemudian bisa disontek oleh Jens Raven yang berdiri di depan gawang menjadi gol. Indonesia unggul 1-0.

Raven mencoba lewat aksi individu di menit ke-28. Tembakannya tapi masih melambung.

Tiang gawang kembali menyelamatkan Indonesia dari kebobolan di menit ke-37. Tendangan bebas Piyawat Petra menyentuh tiang sebelah kanan.

Thailand mengurung lini pertahanan Indonesia menjelang jeda. Mereka memburu gol penyama kedudukan.

Thanawut punya kesempatan tapi sepakannya mengarah ke pelukan Ikram. Giliran Indonesia yang mengancam dari tendangan bebas Toni Firmansyah. Namun, tembakannya juga masih lemah.

Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga babak pertama tuntas.

Selepas jeda tempo permainan menurun. Serangan kedua kubu juga tak tertata dengan rapi hingga tak ada peluang berbahaya yang hadir.

Buntu, Paripan Wongsa mencoba lewat sepakan jarak jauh. Namun, tembakannya masih lemah hingga mudah diamankan Ikram.

Bola mati Thailand hampir membawa petaka untuk Indonesia. Ikram masih sigap keluar dari sarang hingga sundulan Jirapol mengenai tinjuannya hingga melebar.

Thailand terus menggempur Indonesia di menit akhir. Thailand sempat punya kesempatan dari sepak pojok. Bola sundulan pemain Thailand tapi masih melebar.

Indonesia juara usai menang 1-0.

Susunan pemain

Indonesia: 1-Ikram Algiffari; 5-Alfharezzi Buffon, 4-Kadek Arel, 21-Iqbal Gwijangge; 17-Mufli Hidayat (Mufdi Iskandar 70'), 16-Dony Tri Pamungkas, 12-Welber Jardim (Figo Dennis 53'), 10-Kafiatur Rizky (Toni Firmansyah 35'), 11-Riski Afrisal (Meshaal Hamzah 70'); 20-Arlyansyah Abdulmanan, 9-Jens Raven (Arkhan Kaka 70')

Thailand: 1-Kittipong Bunmak; 2-Pikanet Laohawiwat, 4-Jhetsaphat Khuantanom, 5-Singha Marasa, 7-Thanawut Phochai; 9-Caelan Tanadon Ryan (Paripan Wongsa 46'), 10-Thanakrit Chotmuangpak, 15-Piyawat Petra (Jirapol Sailio 70'), 13-Siradanai Phosri; 16-Pakawat Taengoakson, 22-Phongsakon Sangkasopha. (*)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar