Kapal Tanker SPOB Jeanita Terbakar di Perairan Tanjung Uban

Penampakan Tanker SPOB Jeanita yang terbakar di perairan Tanjung Uban, Jumat (24/05/24) dinihari. (ist)

TRANSKEPRI.COM.BINTAN- Kapal Tanker SPOB Jeanita terbakar di perairan Bintan, Kepulauan Riau (Kepri). Kapal tersebut terbakar pada Jumat (24/05/24) dini hari.

"Benar kejadiannya dini hari tadi," kata Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Kelas II Tanjung Uban, Sugeng Riyono Jumat (24/5/2024).

Sugeng menyebut kebakaran Kapal Tanker SPOB Jeanita diterima pihaknya pada dini hari tadi sekira pukul 01.00 WIB. Kapal tersebut mengalami kebakaran pada GPS 01 03' 647" N / 104 12' 693 E seputaran Perairan Tanjung Uban, Bintan.

"Kemudian dikerahkan KN.Rantos-P210 milik PLP Tanjung Uban dibantu Kapal TB Transko DARA 3202 dan TB Medelin Partner untuk melakukan pemadaman," ujarnya.

Sugeng menyebut api pertama kali terlihat di ruang mesin kapal. Kemudian api menyebar ke ruang akomodasi KN Rantos-P210.

"Melakukan pemadaman menggunakan selang pemadam ke dalam ruang akomodasi dan ruang mesin Kapal SPOB Jeanita," ujarnya.

Pemadam api di Kapal SPOB Jeanita dilakukan hingga pukul 05.00 WIB. Tak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

"Akhirnya pada pukul 05.00 WIB kebakaran yang melanda kapal bernomor IMO 9695949 itu berhasil dipadamkan. Kemudian dilakukan langkah pendinginan terhadap titik kebakaran. Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. 16 ABK kapal dan nahkoda sudah dievakuasi," ujarnya.

Sugeng menyebut pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran kapal tanker tersebut. Ia juga menyebut pihaknya belum meminta keterangan dari nakhoda dan ABK kapal.

"Kalau penyebabnya kita belum tau. Namun untuk titik atau asal muasal api itu berasal dari dalam kamar mesin. Kita akan selidiki kasus kebakaran ini," ucapnya. (*)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar