Persiapan Nataru 2023, Forkopimda Kepri Koordinasi Pengamanan dan Transportasi

Rapat Koordinasi Daerah Provinsi Kepulauan Riau yang dipimpin langsung oleh Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad berlangsung di Tanjungpinang, Jumat (22/12) diskominfo kepri

TRANSKEPRI.COM.TANJUNGPINANG- Rapat Koordinasi Daerah Provinsi Kepulauan Riau yang dipimpin langsung oleh Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad berlangsung di Tanjungpinang, Jumat (22/12). Rapat yang dihadiri oleh unsur Forkopimda Kepri serta Bupati Walikota se-Kepri ini berfokus fokus pada persiapan menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Rapat ini membahas empat isu utama, termasuk persiapan perayaan Natal dan Tahun Baru, ketersediaan sembilan bahan pokok penting, kesiapan sistem transportasi, serta langkah-langkah pencegahan terhadap potensi munculnya kembali pandemi COVID-19.

"Jelang akhir tahun dan perayaan Natal kita tidak boleh lengah sedikitpun, berbagai potensi masalah harus bisa kita sisir dan antisipasi untuk dicari solusinya," kata Gubernur Ansar.

Dalam hal pengamanan, Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol. Zahwani Pandra Arsyad melaporkan langkah-langkah pengamanan intensif selama perayaan Nataru. Operasi Lilin Seligi 2023 akan berlangsung selama 12 hari, dengan penempatan 1339 personel untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Berkaitan dengan transportasi, Dinas Perhubungan Kepri juga telah menyiapkan transportasi dan infrastruktur untuk mendukung periode Nataru. Survei kesiapan sarana transportasi dan menyiapkan armada kapal yang mencukupi telah dilakukan untuk menjamin kelancaran pergerakan masyarakat.

Selanjutnya Disperindag Kepri juga memastikan stok cukup dan harga stabil untuk bahan kebutuhan pokok. Strategi efisiensi jalur distribusi dan ketersediaan bahan pokok dari sumber pasokan telah disiapkan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepri, Rudi Margono, memberikan arahan khusus terkait pengelolaan tata kelola pelabuhan. "Kami menekankan pentingnya mengelola antrian dan kapasitas penumpang di pelabuhan. Kami juga mengusulkan solusi untuk penanganan tiket, penyediaan masker gratis, dan air minum, serta memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang," ucap Kajati Rudi Margono.

Kajati Kepri juga menginstruksikan pejabat terkait untuk mengambil kebijakan diskresi yang diperlukan untuk kelancaran penyeberangan. "Dengan kerjasama dan kolaborasi antar lembaga, saya yakin persiapan Nataru akan berjalan dengan baik," tutup Kajati Rudi Margono.

Rapat ini ditutup dengan arahan  Gubernur Ansar Ahmad untuk terus menggelar diskusi produktif dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada demi kemajuan bersama. "Kita harus bersama-sama menyiapkan diri untuk menyambut Nataru dengan aman dan nyaman, demi kesejahteraan seluruh masyarakat Kepulauan Riau," pungkas Gubernur Ansar Ahmad.

Turut hadir dalam rapat tersebut Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Watuseke, Kepala Binda Kepri Brigjen TNI Bonar Panjaitan, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Riau H.M. Sutomo, Danlanud RHF Tanjungpinang Kolonel Pnb Andi Nur Abadi, PJ. Walikota Tanjungpinang Hasan, Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, dan perwakilan Forkopimda Kepri lainnya. (rilis)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar