Naturalisasi Dua Pesepak Bola Jay Idzes dan Nathan Disetujui DPR RI

Dua pemain keturunan asal Belanda Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On selangkah lagi menjadi Warga Negara Indonesia. (net)

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Dua pemain keturunan asal Belanda Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On selangkah lagi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Kepastian ini didapat setelah Komisi X DPR RI memberikan persetujuan naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On untuk kemudian dibawa dalam Rapat Paripurna DPR RI.

Pemberian persetujuan naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On diberikan Komisi X dalam Rapat Kerja dengan Kemenpora dan PSSI di Gedung Nusantara I, Senayan Senin (4/12). Rapat ini dihadiri enam fraksi. Sidang dipimpin Hetifah Sjaifudian dan Dede Yusuf. Menpora Dito Ariotedjo juga hadir bersama jajaran, serta Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi.

Rapat Kerja Komisi X DPR RI ini diawali dengan memberikan kesempatan kepada Menpora untuk menyampaikan profil kedua pemain naturalisasi tersebut dan mengungkapkan kelebihan-kelebihan dari masing-masing pemain.

Kemudian setelah itu PSSI memaparkan tujuan dari naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

"Mohon maaf Ketua Umum PSSI [Erick Thohir] sedang ada di ruang sebelah [bersama Kementerian BUMN]. Kami juga mohon maaf kedua pemain tidak dapat hadir juga karena sedang berada di luar negeri karena persiapan kompetisi di Inggris dan Italia," ucap Yunus Nusi.

Yunus Nusi mengatakan proses naturalisasi ini dilakukan untuk membuat Timnas Indonesia disegani di Asia dan dunia. Jay Idzes merupakan pemain berposisi bek tengah yang memperkuat Venezia di Serie B Liga Italia.

Sedangkan, Nathan Tjoe-A-On juga merupakan pemain belakang yang bermain di Swansea City Liga Inggris.

"Visi PSSI ingin membuat Timnas Indonesia disegani di Asia dan Dunia. Kami ingin Timnas Indonesia punya skill yang mumpuni. Kami Ingin Timnas Indonesia disegani dan mempersiapkan dalam rangka menuju Piala Dunia 2026," ucap Yunus Nusi.

"Maka Shin Tae Yong [pelatih Timnas Indonesia] memberikan beberapa alasan dan rekomendasi bahwa jika dengan maksimalkan pemain lokal yang ada kita belum bisa bersaing untuk Asia dan dunia. Tapi kami berharap pemain yang akan direkrut STY ini memiliki keturunan Indonesia baik orang tua maupun kakeknya," kata Yunus Nusi menambahkan.

Di pihak lain, proses pengajuan naturalisasi ini mendapat kritik dari sejumlah anggota DPR yang hadir dalam rapat kerja tersebut. Beberapa anggota DPR menyayangkan kedua pemain tersebut tidak bisa hadir secara fisik, ataupun online, ataupun melalui rekaman video.

"Kami ingin ajarkan sopan santun Pak Sekjen [PSSI]. Jadi nanti kalau bisa disusulkan video ucapan terimakasih dari keduanya untuk Komisi X dan Komisi III dan komisi lain yang sudah support Timnas Indonesia," kata Putra Nababan, Anggota DPR RI Komisi X.

Meski demikian, Komisi X DPR RI sepakat menyetujui permohonan naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Setelah ini permohonan naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On akan dibahas dalam Rapat Kerja Komisi III DPR RI, pada Senin (4/12) sore.

"Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Sdr. Jay Noah Idzes dan Sdr. Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," bunyi kesimpulan keputusan Komisi X DPR RI terkait rekomendasi naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

"Selanjutnya Rapat Kerja hari ini akan disampaikan kepada Rapat Paripurna DPR RI untuk diambil keputusan," bunyi keputusan Komisi X DPR menambahkan. (cnni)
 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar