Sevilla Juara Liga Europa 2023 Setelah Kalahkan AS Roma Lewat Adu Pinalti

Sevilla juara Liga Europa 2022/2023. Wakil Spanyol itu menang adu penalti 4-1 atas AS Roma setelah berimbang 1-1 di waktu normal. Final Liga Europa antara Sevilla vs AS Roma digelar di Puskas Arena, Budapest, Kamis (1/6/2023) dini hari. (net)

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Sevilla juara Liga Europa 2022/2023. Wakil Spanyol itu menang adu penalti 4-1 atas AS Roma setelah berimbang 1-1 di waktu normal.

Final Liga Europa antara Sevilla vs AS Roma digelar di Puskas Arena, Budapest, Kamis (1/6/2023) dini hari WIB. AS Roma unggul duluan di babak pertama melalui sepakan Paulo Dybala pada menit ke-34.

Sevilla yang meningkatkan intensitas serangan di babak kedua mendapatkan gol penyama. Skor kembali imbang setelah bek Roma Gianluca Mancini membuat gol bunuh diri.

Skor 1-1 tak berubah sampai waktu normal usai. Begitu pula hingga babak tambahan usai, sehingga pemenang ditentukan via adu penalti.

Empat eksekutor Sevilla berhasil. Sementara AS Roma gagal di penendang kedua dan ketiga. Sevilla pun juara Liga Europa untuk ketujuh kalinya.

Jalannya Pertandingan

Sevilla mencoba mengendalikan penguasaan bola selepas sepak mula. Tapi AS Roma yang lebih dulu mengancam!

Paulo Dybala menyodorkan bola ke Zeki Celik di kanan, yang kemudian melakukan umpan tarik. Leonardo Spinazzola menyambar bola, tapi masih bisa ditepis Yassine Bounou!

Setelah ancaman Roma di awal laga, Sevilla berupaya membendung mereka memasuki kotak penalti. Tim besutan Jose Luis Mendilibar itu bermain lebih rapat untuk mengantisipasi tusukan-tusukan Roma.

GOL! Roma memimpin pada menit ke-34. Bryan Cristante memenangi duel di tengah, bola lalu dikuasai Gianluca Mancini yang jeli melihat celah terbuka untuk Paulo Dybala. Dybala menghadapi gawang dan melepaskan tembakan mendatar ke pojok kanan bawah!

Sevilla mencoba keluar menyerang. Sebuah peluang dari Youssouf En-Nesyri pada menit ke-39 diamankan oleh Rui Patricio. Peluang lain buat Sevilla empat menit kemudian, kala sundulan Fernando dalam posisi bebas menyambut korner berakhir melambung.

Pellegrini meminta penalti pada menit ke-45, saat menerima bola hasil tusukan Dybala. Tapi ia justru dihadiahi kartu kuning karena dinilai melakukan diving.

Nyaris! Sevilla hampir menyamakan di menit terakhir. Sevilla membangun serangan dari kanan dan bola diarahkan ke Ivan Rakitic ke depan kotak penalti. Sepakan keras Rakitic menghantam tiang gawang! Babak pertama berakhir.

Sevilla memulai babak kedua dengan inisiatif lebih besar. Sepakan keras Alex Telles dari sisi kiri masih melambung.

GOL! Sevilla menyamakan skor pada menit ke-55. Umpan silang Jesus Navas gagal diantisipasi Mancini dengan sempurna sehingga masuk ke gawang sendiri.

Peluang buat AS Roma pada menit ke-67. Tendangan bebas Pellegrini memicu kemelut dan sepakan Tammy Abraham di depan gawang diblok oleh Bounou. Bola bergulir liar dan Roger Ibanez dapat kesempatan, tapi upayanya melebar.

Wasit memberi penalti untuk Sevilla pada menit ke-76, setelah Ocampos jatuh di bawah tekanan Ibanez. Tapi VAR memanggil Anthony Taylor yang kemudian mengubah keputusannya setelah melihat ulang kejadiannya.

Roma menuntut penalti setelah bola sepakan Spinazzola mengenai tangan Bade. Namun wasit dan VAR melihat tangan berada dalam posisi natural dan rapat dengan badan.

Peluang untuk Roma pada menit ke-83. Umpan Pellegrini dari tendangan bebas disambut Andrea Belotti dalam posisi tak terkawal, namun sepakan volinya berakhir melebar setelah dibelokkan ujung jari Bounou. Wasit tak menghadiahkan korner.

Sepakan keras Suso pada menit ke-96 dihalau oleh Patricio. Sevilla membangun serangan lagi dan tembakan Fernando melebar ke kiri. Waktu normal berakhir.

Roma punya peluang terbaik di babak tambahan, saat sundulan Chris Smalling membentur mistar gawang. Namun sampai babak tambahan usai, tak ada gol lain tercipta. Pemenang pun ditentukan lewat adu penalti.

Susunan pemain:

Sevilla: Bounou; Jesus Navas (Montiel 95'), Bade, Gudelj (Marcao 127'), Alex Telles (Rekik 95'); Fernando (Jordan 128'), Rakitić; Ocampos, Oliver Torres (Suso 46'), Bryan Gil (Lamela 46'); En-Nesyri

Roma: Rui Patrício; Mancini, Smalling, Ibanez; Zeki Celik (Zalewski 91'), Cristante, Matic (Bove 120'), Spinazzola (Llorente 106'); Dybala (Wijnaldum 68'), Pellegrini (El Shaarawy 106'); Abraham (Belotti 75'). (detikcom)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar