BMKG Hang Nadim Batam Beri Peringatan Potensi Banjir ROB di Kepri

Ilustrasi: Banjir ROB

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam kembali mengeluarkan peringatan dini banjir pesisir (ROB) di sejumlah wilayah Kepulauan Riau (Kepri) dimulai pada tanggal (18/05) sampai dengan (25/05) mendatang.

Prakirawan BMKG Hang Nadim Batam Rizky F Widowati mengatakan, potensi banjir rob di sejumlah wilayah Kepri terjadi karena adanya fenomena fase Bulan Baru pada tanggal (19/05) mendatang, serta curah hujan tinggi yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum yang dapat mengakibatkan banjir pesisir (ROB).

"Karena itu kami mengimbau kepada masyarakat yang berada di pesisir pantai agar selalu waspada kerena adanya fenomena banjir pesisir yang diprediksikan berpotensi terjadi pada tanggal (18/05/2023) sampai dengan (25/05/2023) di sejumlah wilayah Kepri," ucapnya, Rabu (17/05).

Adapun hasil dari prakiraan, terdapat sejumlah wilayah yang terdampak itu yaitu, di Kota Batam tepatnya di pesisir Kecamatan Batu Aji, Batuampar, Sekupang, Nongsa dan sekitarnya. Lalu di Kabupaten Bintan, tepatnya di pesisir Kecamatan Bintan Utara, Teluk Sebong, Bintan Timur, Kijang dan sekitarnya. Kota Tanjungpinang tepatnya pada Bukit Bestari dan Tanjungpinang Kota. Dan untuk Kabupaten Karimun, tepatnya di pesisir Kecamatan Meral, Kelurahan Pamak dan sekitarnya.

"Hal ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas masyarakat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan," ucap Rizky. (adri)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar