Lomba Posyantek Sumbar 2023

Panti Tampilkan Open Pengering Pinang Berbahan Bakar Oli Bekas

Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti, menampilkan inovasi terbaik pada lomba Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023. (transkepri.com/fauzi)

TRANSKEPRI.COM.PASAMAN- Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti,  menampilkan inovasi terbaik  pada lomba  Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023.

Wali Nagari Panti Selatan, Didi Al Amin mengatakan, program andalan Posyantek, dari Nagari Panti Selatan  adalah open pengeringan  serba guna salah satunya untuk pengeringan pinang iris.

Menurutnya Nagari Panti Selatan adalah penghasil komoditi pinang, dengan adanya open pengering ini, biaya produksi serta waktu akan lebih efisien dengan mutu yang tinggi.

"Pengopenan dengan bahan bakar oli bekas ini hanya memakan waktu 17 jam yang mana sebelumnya dengan waktu 4 - 5 hari. katanya Sabtu (29/4/2023).

Jika cuaca kurang baik, maka resiko pinang akan berjamur dan tentu ini akan menyebabkan produk menjadi rusak dan harga akan turun.

"Selanjutnya open serbaguna ini merupakan sebuah alat yang sederhana namun memberikan manfaat yang luar biasa serta sesuai dengan potensi yang ada," ujar Didi. (fauzi)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar