SAR Gelar Siaga Khusus Menghadapi Lebaran 2023

Kepala SAR Tanjungpinang, Riyadi, Gelar Apel Siaga Khusus Lebaran Tahun 2023, di Halaman Kantor SAR Tanjungpinang. (istimewa)

TRANSKEPRI.COM.TANJUNGPINANG- Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan pada secara serentak melaksanakan apel pembukaan Siaga SAR Khusus Lebaran 1444 H Tahun 2023 di halaman Kantor Basarnas, Kota Tanjungpinang.

"Siaga khusus lebaran tahun ini, Basarnas bekerja sama dengan Kementrian serta Lembaga terkait dalam melaksanakan siaga khusus angkutan lebaran serta melakukan sosialisasi keselamatan dan peringatan dini kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran," ucap Kepala Basarnas Tanjungpinang, Riyadi, Minggu (16/04).

Riyadi mengatakan, siaga SAR khusus tersebut rencananya akan dilaksanakan selama 20 hari, dimulai dari tanggal (13/04) hingga tanggal (03/05) mendatang. Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada tanggal (19/04) hingga (21/04), sedangkan puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada tanggal (24/04) hingga (01/05).

"SAR Tanjungpinang akan melaksanakan siaga dan memonitor titik-titik lokasi kepadatan arus mudik seperti, Pelabuhan ASDP dan Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang," pungkasnya.

Lanjutnya, Tahun 2023 Indonesia diperkirakan memiliki jumlah pemudik yang mencapai 123,8 juta orang, mengalami kenaikan sebesar 44,79% dibandingkan pada lebaran tahun lalu.

"Peningkatan ini tentunya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti meredanya pandemi Covid-19 serta aturan PPKM yang telah dicabut oleh pemerintah sehingga tidak ada larangan bagi warga yang ingin melaksanakan mudik lebaran. Keadaan ekonomi yang mulai berangsur membaik, ditambah dengan adanya libur dan cuti bersama," ucap Riyadi.

Ia juga mengimbau, tingginya animo masyarakat untuk melaksanakan mudik tentu saja akan berdampak kepada keselamatan transportasi selama masa mudik lebaran, terutama potensi kecelakaan kapal di wilayah yang padat pelayaran, seperti pelabuhan-pelabuhan penyebrangan atau roro.

"Bagi masyarakat diharapkan harus tetap waspada dan apabila membutuhkan bantuan,  dapat menghubungi Call Center Basarnas di nomor 115," imbau Riyadi. (adri)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar