Tanker Memuat Ratusan Ribu Minyak Kandas di Perairan Batam

Tanker MT Young Yong

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Kapal tanker MT Young Yong berbendara Djibouti kandas di perairan Pulau Tekong Kecil, Belakang Padang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Kapal ini sedang membawa ratusan ribu ton minyak.

"Kapal tanker MT Young Yong itu kandas pada Kamis (27/10) malam sekitar pukul 20.18 WIB. Kapal mengalami kandas di utara Takong Kecil di koordinat 1' 07.670 N / 103" 42.940 E," Kata Kasubag Humas KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun, Inna Maulina, Jumat (28/10/2022).

Inna menyebutkan Kapal MT Young Yong diketahui bertolak dari Pelabuhan Tanjung Pelepas, Malaysia tanggal 18 Oktober 2022 lalu, kapal itu berlayar dengan tujuan Pulau Nipa, Karimun, Kepri namun belum sampai tujuan kapal tersebut kandas.

Lokasi kandas kapal MT Young Yong berada di atas jalur pipa gas Indonesia ke Singapura. Kapal tanker itu memiliki ukuran 320.28 meter x 58.00 meter x 26.84 meter dan diketahui tengah bermuatan fuel oil sebanyak 284.429 ton, Sehingga proses evakuasi dilakukan KSOP dengan hati-hati.

"Kami berusaha melakukan evakuasi secepatnya. Sebelum evakuasi akan dilakukan survey bawah air mengingat lokasi terdapat pipa gas menuju Singapore sebagai pertimbangan untuk mengambil tindakan selanjutnya," ujarnya.

Kapal patroli KNP 366 milik KSOP telah diturunkan ke lokasi kandas kapal tanker MT Young Yong. Hal itu untuk memastikan kondisi kapal yang kandas dan perairan sekitarnya. Kapal itu diawaki oleh 25 orang dan dioperasikan oleh East Wind Ship Management Limited.

"Dalam kejadian kandas kapal itu tidak ada korban jiwa dan pencemaran laut," ujarnya. **

 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar