Delegasi Rusia dan Ukraina Bertemu di Turki

Turki

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Pernyataan Kepresidenan Turki mengatakan pembicaraan antara Rusia dan Ukraina akan berlangsung di Kota Istanbul, Turki. Pembicaraan akan terjadi pada Selasa besok.

Dilansir CNN, Senin (28/3/2022), Direktorat Komunikasi Kepresidenan Turki mengatakan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan panggilan telepon pada hari Minggu waktu setempat. Putin disebut menyetujui pertemuan delegasi Rusia dan Ukraina di Istanbul.

"Setuju bahwa pertemuan berikutnya dari delegasi Rusia dan Ukraina akan diadakan di Istanbul," kata Kepresidenan Turki.

Namun, negosiator Ukraina David Arakhamia mengatakan sebelumnya bahwa pertemuan itu akan berlangsung Senin. Negosiasi Rusia dan Ukraina sebelumnya hanya menghasilkan sedikit hasil.

Juru bicara kepresidenan Turki Ibrahim Kalin mengatakan kepada CNN pada hari Minggu bahwa pembicaraan akan berlangsung pada hari Selasa.

Sementara itu, dalam panggilan telepon Erdogan dan Putin membahas situasi terbaru perang Rusia-Ukraina. Keduanya juga membahas mengenai negosiasi.

"(Membahas) situasi terbaru dalam perang Rusia-Ukraina," jelasnya.

Pernyataan Kepresidenan Turki mengatakan bahwa Erdogan menekankan pentingnya gencatan senjata. Turki pun menyatakan siap akan terus berkontribusi agar proses itu segara tercapai.Erdogan Sebut Perlunya Gencatan Senjata


"Dalam pertemuan itu, Presiden Erdogan menggarisbawahi perlunya membangun gencatan senjata dan perdamaian antara Rusia dan Ukraina sesegera mungkin dan meningkatkan situasi kemanusiaan di kawasan itu dan menyatakan bahwa Turki akan terus berkontribusi dalam segala cara yang mungkin selama proses ini," kata pernyataan itu. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar