Tentara India Tingkatkan Penjagaan di Daerah Perbatasan

Pasukan India Berjaga di Daerah Perbatasan

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA-Usai terjadi bentrokan dengan tentara China, Angkatan bersenjata India dilaporkan kembali memperkuat wilayah perbatasan dengan China di Himalaya.  Bentrokan menewaskan puluhan prajurit  India dua pekan lalu.

Hal itu terlihat dari jet-jet tempur India yang berlalu-lalang di atas wilayah tersebut pada Rabu (24/6).

Aktivitas itu dinilai sebagai unjuk kekuatan atas militer China di wilayah perbatasan yang disengketakan.

Sumber militer India mengatakan kepadaAFP, Kamis (25/6), bahwa tentara China telah menduduki sebidang tanah yang mencakup beberapa kilometer persegi di mulut lembah Galwan, menyusul bentrokan antar kedua belah pihak pada 15 Juni lalu.

Sebelumnya, kedua pihak secara terbuka telah menyatakan akan menarik diri pasca bentrokan yang menewaskan 20 tentara India itu. Kedua belah pihak tidak menggunakan senjata api dalam bentrokan mematikan itu, melainkan batu dan pentungan yang dipasangi paku.

Akan tetapi, kedua belah pihak masih mempertahankan pasukan di sekitar lembah, di mana India mengerahkan lebih banyak pasukan dan berusaha memperlihatkan kekuatan militer.

Jet-jet India lepas landas pada Rabu (24/6) dari sebuah pangkalan militer di Leh, kota utama India di wilayah yang disengketakan, lalu menuju perbatasan pegunungan yang berjarak 240 kilometer.

Ada pula pos-pos pemeriksaan di jalan-jalan utama di luar Leh dan hiruk-pikuk aktivitas militer di sekitar kota yang terletak pada 3.500 meter.

Dilansir AFP, warga sekitar melaporkan antrean panjang truk militer dan artileri memenuhi jalan-jalan terdekat.

"Kami sekarang memiliki kekuatan yang baik di daerah itu," kata seorang pejabat Komando Utara tentara India kepada AFP tanpa menyebut nama.(007)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar