Hebat, Anambas Daerah Nomor 4 Terkaya di Indonesia

Pemandangan pantai di Anambas

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS- Luar biasa,  sebagai daerah perbatasan Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) baru-baru ini masuk dalam empat besar Kota Terkaya di Indonesia. 

Bahkan  Kabupaten termuda di Provinsi Kepri itu unggul jauh dari saudara kandungnya  Kabupaten Natuna yang hanya berada di urutan ke- 9.

Uniknya dari 10 daerah tersebut Provinsi Kepri dapat menasbihkan dua kabupatennya masuk dalam 10 besar Kota terkaya, yakni Anambas berada di Posisi empat, dan Natuna berada di Posisi sembilan. 

Amat Yani Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) ketika dimintai tanggapannya  tidak menampik hal itu, memang dari sejumlah artikel yang dibaca nama Anambas terpampang jelas.

Dari yang disimak kata Politisi Partai Bulan Bintang (PBB) itu, penempatan Anambas sebagai no 4 kota terkaya di Indonesia berdasarkan dari
Produk Domestik Regional Bruto per kapita masing-masing daerah.
PDRB sendiri merupakan nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu daerah tertentu.

"Kepulauan Anambas sebagai  kota  penghasil gas dan minyak yang besar,  memiliki PDRB per kapita mencapai Rp401, 86 juta,"ujar Yani, Minggu (6/2/2022).

Yani mengungkapkan,  Kabupaten Kepulauan Anambas berada di bawah DKI Jakarta,  Teluk Bituni, Papua Barat  dan Kota Kediri Jawa Timur.

"Menariknya masing-masing daerah ini memiliki ikonik penghasil PDRB yang dominan, seperti DKI Jakarta merupakan pusat Ekonomi,  Kemudian Teluk Bituni itu punya hasil tambang dan gas, Kediri itu paling menarik karena memiliki pabrik berskala besar yakni PT Gudang Garam, begitu pula dengan Anambas dan daerah lain yang masuk dalam 10 besar,"tegasnya. 

Mudah-mudahan ini menjadi cambuk bagi semua elemen dan stake holder yang ada untuk dapat  lebih baik lagi kedepannya, mendorong Anambas menjadi daerah yang maju dan berkembang di Indonesia. (002)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar