Israel Hancurkan Pemakaman Muslim Dekat Masjid Al Aqsa

Lokasi penakaman muslim di dekat Masjid Al Aqsa

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Pemerintah Kota Yerusalem yang diduduki Israel menghancurkan pemakaman umat Muslim di dekat Masjid Al-Aqsa pada akhir pekan lalu.

Sejumlah kuburan di Pemakaman Al-Yusufiye itu dihancurkan oleh kendaraan besar milik pemerintah kota.

Pemakaman itu terletak di sebelah benteng yang mengelilingi Kota Tua dan merupakan kuburan Muslim tertua di Yerusalem.

Dilansir kantor berita Anadolu Agency, setelah warga Palestina melaporkan temuan tulang belulang ditemukan selama operasi pembongkaran, kendaraan besar pemerintah kota meninggalkan tempat kejadian.

Direktur Eksekutif Komisi Perlindungan Pemakaman Muslim, Ahmed al-Dajani, mengakatan pengadilan Israel telah memberikan izin kepada Direktorat Arkeologi untuk melakukan penelitian di lokasi yang berdekatan dengan pemakaman itu.

Al-Dajani menuturkan di antara makam-makam yang dihancurkan adalah Muslim martir saat perang 1948 dan 1967 lalu.

Dia menegaskan Israel akan menghadapi tindakan hukum sebagai tanggapan atas penggusuran makam Muslim tersebut yang dilakukan pemerintah Kota Yerusalem.

Al-Dajani menegaskan wilayah Yerusalem tidak bisa terpisahkan dari pemakaman trsebut. Tetapi, Israel, katanya, telah berencana membangun sebuah taman di dekat Pemakaman Al-Yusufiye.

Sebelumnya, Pemerintah Yerusalem juga berupaya untuk menghancurkan sebuah tangga bersejarah menuju Kota Tua dan Masjid Al-Aqsa. Namun, langkah itu kemudian dicegah oleh warga Palestina. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar