OTOMOTIF

5 Tanda-Tanda Kampas Kopling Mobil Sudah Tipis dan Habis

Kopling mobil walau tersembunyi tetap harus mendapatkan perawatan yang maksimal. Foto/IST

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Kopling mobil merupakan komponen yang vital dalam sebuah kendaraan. Tak terkecuali pada mobil bertransmisi manual. Pasalnya pedal kopling berfungsi untuk menyalurkan tenaga utama mobil dari mesin ke transmisi. Tidak heran jika perawatan kopling perlu dilakukan agar terjaga keawetannya.

Nah, jika usia pakai kopling sudah habis, Anda harus mampu merasakan kondisi kopling yang sudah tipis atau sudah habis. Berikut ini dilansir dari laman resmi Auto2000 (29/09/2021), ciri-ciri kampas kopling sudah habis dan perlu segera diganti.
1. Pindah gigi terasa berat

Dalam kondisi normal melakukan perpindahan gigi persneling tidak perlu mengeluarkan usaha dan tenaga yang berarti. Namun apabila mobil kesayangan Anda sulit untuk memindahkan persneling itu tanda kampas kopling yang sudah tipis.
2. Injakan pedal kopling menjadi tinggi

Memang injakan pedal kopling pada mobil manual sejatinya dapat diatur ketinggian sesuai keinginan. Namun apabila pengaturannya itu berubah secara tiba-tiba dan membuat injakan kopling menjadi lebih tinggi , itu dapat jadi ciri-ciri kedua yang patut Anda pertimbangkan dalam melakukan penggantian satu set kampas kopling fengan yang baru

3. Muncul bau gosong

Ciri-ciri selanjutnya dapat Anda telusuri melalui indera penciuman. Apabila terjadi bau gosong pada mobil Anda pada jalan menurun atau menanjak itu bisa menjadi tanda kampas kopling Anda sudah menipis atau bahkan habis. Hal itu disebabkan karena terjadi gesekan tinggi antara flywhell dan plat penelan pada kampas kopling yang membuat komponen itu cepat terbakar.

4. Mesin cepat panas
Mesin yang panas memang merupakan sesuatu yang normal. Namun berbeda kasus dengan ciri-ciri kampas mobil yang habis. Sebab jika kampas kopling tipis dan mulai habis maka rotasi mesin akan meningkat. Kondisi yang tipis akan membuat licin permukaan kampas kopling. Maka dari itu rotasi mesin menjadi cepat dan panas. Hal itu juga dapat membuat terjadi slip kopling pada saat digunakan.

5. Performa dan akselerasi manjadi menurun

Ini menjadi ciri-ciri yang dapat Anda rasakan ketika kampas kopling pada mobil Anda sudah tipis atau habis. Pasalnya ketika melakukan perpindahan gigi dan digas maka seharusnya mobil dengan mudah beakselerasi dengan cepat. Namun jika kampas kopling habis maka timbul suara berdecit dan meraung. Itu menandakan bahwa mobil Anda mengalami slip kopling.

Hal itu disebabkan karena rotasi mesin tidak tersalurkan secara baik oleh transmisi mobil Anda.jika ditemukan masalah seperti itu sebaiknya gantilah komponen tersebut dengan yang baru.
(net)
 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar