Iran Tolak Berikan Black Box Pesawat Ukraina ke AS

Maskapai Ukraina

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Pemerintah Iran menyatakan pihaknya tidak akan memberikan kewenangan Amerika Serikat (AS) untuk menginvestigasi jatuhnya pesawat Boeing 737 di Ukraina. Iran juga menyatakan menolak memberikan black box atau kotak hitam ke AS sebagai pemilik Boeing.

"Kami tidak akan memberikan black box ke Boeing dan ke Amerika," ujar Ketua Organisasi Penerbangan Sipil Iran, Ali Abedzadeh, kepada Mehr News Agency seperti dilansir AFP, Kamis (9/1/2019).

"Kami belum mengetahui ke mana black box ini akan diselidiki," imbuhnya.


Pesawat penerbangan Ukraina International Airlines PS752 jatuh di Iran setelah lepas landas dari Taheran. Iran mengatakan telah mengamankan dua kotak hitam Boeing 737.

Terkait investigasi black box, Abedzadeh mengatakan yang pasti kecelakaan pesawat ini akan diselidiki oleh organisai penerbangan Iran. Otoritas Iran juga membolehkan Ukraina bergabung di penyelidikan.

"Kecelakaan ini akan diselidiki oleh organisasi penerbangan Iran, tetapi Ukraina juga dapat hadir selama penyelidikan insiden itu," katanya.

Sementara itu, France's Accident Investigation Bureau (BEA) atau Biro Investigasi Kecelakaan Prancis yang kerap menangani penyelidikan kecelakaan pesawat mengatakan belum menerima permintaan bantuan dari pihak Iran untuk menginvestigasi penyebab kecelakaan yang terjadi.(009)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar