Arkeolog Temukan Makam Kerajaan Berusia 3.500 Tahun di Yunani

Arkeolog menemukan makam kerajaan berusia 3.500 tahun di Yunani. Foto/Istimewa

TRANSKEPRI.COM. ATHENA - Para arkeolog asal Amerika Serikat (AS) telah menemukan dua makam monumental yang berasal dari sekitar 3.500 tahun lalu di dekat sebuah istana era Mycenaean utama di wilayah Peloponnese selatan Yunani. Hal itu dikatakan oleh Kementerian Kebudayaan Yunani.

Sebuah pernyataan kementerian mengatakan atap berbentuk kubah dari kedua makam di dekat istana Zaman Perunggu Pylos telah runtuh pada zaman kuno. Ini membuat makam tersebut penuh dengan tanah dan puing-puing sehingga para perampok makam tidak bisa masuk untuk menjarahnya.

Namun demikian makam tersebut telah diganggu selama beberapa generasi, tidak seperti kuburan Mycenaean lain yang ditemukan di dekatnya pada tahun 2015 yang menghasilkan tumpukan harta emas dan perak yang menakjubkan, perhiasan dan perunggu yang dikubur dengan seorang pria yang dianggap sebagai penguasa awal dari Pylos.

Barang-barang makam yang ditemukan dari dua makam itu termasuk cincin meterai emas dan jimat emas dewi Mesir kuno. Temuan ini menyoroti perdagangan Zaman Perunggu dan hubungan budaya. Kementerian Kebudayaan Yunani mengatakan penemuan itu sangat penting karena menjelaskan fase awal peradaban Mycenaean di negara itu seperti dilansir dari AP, Rabu (18/12/2019).

Era Mycenaean, antara kira-kira 1650-1100 SM, menyediakan bahan bagi banyak mitos dan legenda Yunani kuno termasuk Perang Troya.

Makam yang lebih besar dari dua makam itu memiliki diameter 12 meter di lantai dan dinding batunya bertahan hingga ketinggian 4,5 meter - kurang dari setengah tinggi aslinya. Makam yang lain ukurannya sekitar dua pertiga dari yang lebih besar dan temboknya setinggi dua meter. Keduanya termasuk jenis makam tholos, konstruksi bawah tanah berkubah besar yang diperuntukkan bagi keluarga kerajaan Mycenaean yang tingginya bisa mencapai sekitar 15 meter.

Mereka digali selama dua tahun terakhir oleh arkeolog Universitas Cincinnati, yang juga menemukan pemakaman kaya di dekatnya yang dikenal sebagai kuburan Prajurit Griffin, setelah beberapa ornamen ditemukan di dalamnya.

Ketiga kuburan, bersama-sama dengan makam tholos lain yang ditemukan di dekatnya beberapa dekade yang lalu, dibangun lebih awal dari istana luas yang reruntuhannya berada di dekatnya, dan yang menampilkan Homer's Odyssey sebagai tempat duduk Raja Nestor yang bijaksana.(ssb)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar