30 Jembatan Putus, Jokowi Targetkan Empat Bulan Selesai Dibangun

Presiden Joko Widodo saat mengunjungi lokasi bencana di Lebak, Banten. SINDOnews/Rasyid

TRANSKEPRI.COM. LEBAK - Presiden Joko Widodo menargetkan pembangunan 30 jembatan yang putus selesai dalam kurun waktu tiga hingga empat bulan. Jembatan yang putus akibat terjangan banjir bandang berada di enam Kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten.

Menurut Jokowi, jembatan merupakan akses utama terpenting bagi masyarakat yang akan melakukan aktifitas perekonomian, pendidikan dan lainnya.

"Tadi dilaporkan ada 30 jembatan penting, yang menghubungkan antar desa, antar wilayah ini agar minta segera bisa diselesaikan. Tadi saya sudah perintah ke menteri pupr agar dalam tiga empat bulan semuanya sudah diselesaikan," ujar Jokowi usai meninjau banjir bandang di Kecamatan Lebak Gedong, Lebak. Selasa (7/1/2020).

Dikatakan Jokowi, dua jembatan akan dibangun kembali oleh Pemerintah Provinsi Banten sedangkan sisanya akan dibangun oleh Pemerintah pusat. "Yang di sini (Lebak) sama ada jembatan dua yang disiapkan (dibangun) gubernur tapi sisanya akan dikerjakan oleh pusat," ujarnya.

Selain jembatan, sebanyak 19 sekolah rusak agar segera dibangun oleh Kementerian Pendididikan dan Kementrian PUPR agar para siswa dapat belajarm "Saya sudah perintahkam juga kementrian pendidikan dan pu agar segera diperbaiki," ujarnya.

Terkait rumah yang rusak sebanyak 1.410 unit, Jokowi meminta masyarakat untuk bersedia direlokasi di lokasi lebih aman dan layak. "Apa memungkinkan untuk direlokasi karena memang melihat banjirnya besar sekali dilokasi, lahannya dimana nanti bulati yang akan sampaikan," tandasnya. (ssb)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar