Tips Ini Bisa Anda Lakukan Agar Shockbreaker Mobil Tak Cepat Rusak

Salah satu penyebab shocbreaker cepat rusak adalah sering parkir di jalan yang miring. Foto/dok

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Shockbreaker merupakan komponen penting sebuah kendaraan. Pasalnya berguna untuk menjaga kestabilan serta kenyamanan dalam berkendara.

Disamping itu shockbreaker juga berfungsi untuk meredam guncangan akibat melewati jalanan yang tidak rata. Coba bayangkan apabila shockbreaker tersebut rusak, pastinya akan mengurangi kenyaman dalam berkendara.
Maka dari itu perlunya untuk menjaga keawetan shockbreaker mobil Anda. Berikut dilansir dari beberapa sumber , empat tips yang dapat membantu suspensi mobil Anda bertahan sedikit lebih lama.

1) Berkendara pelan bila melewati polisi tidur atau speed bums

Gundukan atau yang biasa di sebut polisi tidur sering di temui di setiap tempat ,khususnya perkotaan padat penduduk. Hindari untuk menerobos gundukan, hal itu akan merusak sistem supensi Anda terutama karet dan bushing-bushing.

2) Batasi muatan Mobil Anda

Hindari untuk tidak pengemudi mobil yang memiliki muatan beban yang berat. Hal tersebut tidak akan membantu shockbreaker mobil Anda bertahan lebih lama. Shockbreaker terdapat maximal kekuatan bobot yang bisa di raih. Mengendarai mobil dengan muatan penuh akan mengakibatkan shockbreaker menjadi bocor dan rusak.
3) Hindari Parkir miring sebelah
Usahakan untuk memparkir kendaraan Anda dengan jalan yang lurus dan sejajar. Hindari untuk memparkir kendaraan miring seperti contoh ban kiri naik ketrotar dan ban kanan nempel ketanah. Hal itu akan mempercepat kerusakan shockbreaker mobil Anda. Sebab, karena bedanya jumlah bobot yang ditanggung dari setiap shockbreaker karena efek kemiringan.

4) Hindari lubang

Ini yang sering menjadi faktor utama khususnya di Indonesia. Masih banyak terdapat jalan yang jelek dan berlubang. Berkendara dengan hati-hati dan hindari menerobos lubang dengan kecepatan tinggi. Itu akan menyebabkan tie rod dan balljoint mengalami kerusakan. Sehingga yang terjadi timbulnya suara Aneh pada kaki-kaki mobil Anda. (net)
 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar