Mulai Selasa Ini Malaysia Kembali Lockdown, Mall dan Pabrik Ditutup

Kota Kualalumpur, Malaysia

TRANSKEPRI.COM.KUALALUMPUR- Malaysia Lockdown mulai 1 Juni. Mal dan pabrik pun juga ditutup demi meredam laju COVID-19 yang semakin gawat.

Penutupan itu berlaku selama dua minggu terhitung Selasa besok (1/6/2021). Mengutip The Straits Times, Senin (31/5/2021), pergerakan masyarakat dibatasi, salah satunya hanya untuk radius 10 km dari tempat tinggal atau rumahnya.

Pergerakan ini pun hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti membeli bahan makanan, obat-obatan, dan layanan penting seperti kesehatan dan perbankan. Menteri Keamanan Malaysia, Ismail Sabri Yakob mengatakan hanya 17 sektor yang diizinkan selama lockdown diberlakukan.

Kebijakan ini sama seperti lockdown pada Maret dan Mei 2020. Kegiatan ekonomi yang tetap diperbolehkan beroperasi antara lain usaha makanan dan minuman, utilisasi, transportasi, perbankan, e-commerce, dan sektor komunikasi meliputi media, telekomunikasi, dan jasa pos.

"Tidak ada jam malam, tapi saya berharap tidak ada orang di luar setelah jam 8 malam, karena tidak akan ada kegiatan ekonomi setelah waktu itu," kata Ismail.Semua sektor yang diperbolehkan tetap beroperasi tersebut hanya berlaku mulai dari pukul 08.00-20.00 waktu setempat.

Dengan keputusan lockdown dan menutup sebagian besar sektor ekonomi akan mengurangi jumlah pergerakan orang khususnya yang meninggalkan rumah untuk bekerja. Diperkirakan jumlahnya hanya menjadi 1,5 juta dari 15 juta orang.

Sebagian besar pabrik di sektor manufaktur ditutup, kecuali pabrik makanan dan minuman, produk kesehatan. Namun, sektor tersebut hanya dibatasi dengan kapasitas pegawai sebesar 60% dan jam operasinya sesuai yang ditetapkan. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar