Opini

Memaknai Hari Kebangkitan Nasional dengan Profesional


Oleh: Albert Efendi Pohan 

Dosen UNRIKA Batam

 

Memaknai arti dari hari kebangkitan nasional bukan sekedar bereforia di sosial media ataupun menyambar jargon-jargon yang illustratif dan visualitatif, tapi jauh dari nilai-nilai konstruktif dan kolaboratif, produktif, nilai efektif, solutif, revolutif, kreatif, imajinatif, aktualitatif, responsif, figuratif dan diprediktifit, persuasif, konfirmatif, selektif, serta lainnya.

Maka kebangkitan nasional harus mampu disambut dengan hati dan pemikiran yang merdeka dan yang siap untuk berubah, (growth mind set), supaya mampu menjadi lebih baik melalui suatu meningkatkan kualitas diri, secara berkelanjutan (personal, professional, sosial, literasi dan integritas)

Peningkatan kualitas diri ini harus dilakukan secara kolektif agarbisa mendorong kebangkitan nasional secara serentak serta mumpuni.

Makna hakiki tentang kebangkitan nasional, ungkapnya, bukan suatu transformasi perubahan input dan menjadi sebuah outcome relevan semata. 

Tetapi adanya sebuah perubahan mendasar dari paradigma didalam melakukan sebuah proses dengan nilai-nilai kebersamaanya, dengan melibatkan semua pihak terhadap integritas yang tinggi.

Sehingga hal ini dapat mendorong situasi suatu bangsa menuju level yang lebih baik dari kondisi lemah menjadi kuat, serta berdaulat. 

Seperti diketahui bahwa, bangsa kita sedang berada dalam kondisi darurat digoncang oleh turbulensi yang dahsyat. Dimana semua dari lapisan masyarakatnya siap jatuh atau akan selamat, dengan kokoh.
Penentunya itu adalah, siapa yang bisa mengendalikan urusan suatu bangsa, serta bagaimana kualitas pendidikan suatu bangsa tersebut terselenggara dan berjalan secara baik dan benar.

Kita sebagai pendidik dikemajuan bangsa, paparnya, ditentukan oleh buah kinerja yang tulus agar dapat berbuat dengan baik dan benar

Di dalam berbuat kita harus dapat menyadari bahwa, kinerja kita bisa menjadi sebuah mesin pendorong untuk kebangkitan nasional. Untuk itu, pendidik harus bisa melakukan tugas-tugas dengan kualitas kerja yang terbaik yang bisa dilakukan.

Terus meningkatkan kompetensi diri baik secara mandiri, maupun kolektif. Dengan demikian itu, kita bisa menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) talented yang siap menghadapi perubahan zaman (master of the game), dan mampu memajukan Bangsa Indonesia ini.

Kebangkitan nasional menjadi sebuah harapan bersama bagi seluruh masyarakat  dan Bangsa Indonesia.

Artinya ialah, kesejahteraan yang berkeadilan itu, menjadi deskripsi terhadap situasi sosial di seluruh lapisan masyarakat, di Indonesia. 

Seharusnya, kekayaan alam Indonesia telah memberikan satu kebahagiaan kepada seluruh rakyat Indonesia. "Maka Generasi muda Indonesia mendapatkan hak pendidikan yang berkualitas, serta dijamin oleh negara.

Serta memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya pada para pejuang pendidikan Indonesia dan tanpa ada yang tertinggalkan. Dan Inilah gambaran, yang di harapkan Hari Kebangkitan Nasional. Maka, 
memaknai Kebangkitan Indonesia dengan secara Profesional, Rakyat Bangkit dan Sejahtera. ***


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar