Facebook Buat Sistem Operasi Sendiri agar Tidak Bergantung pada Android

Pengembangan sistem operasi ini dipimpin oleh seorang mantan pekerja Microsoft yang pernah membuat sistem operasi Windows NT, Mark Lucovsky. Foto/Ist

TRANSKEPRI.COM. MENLO PARK - Android merupakan sistem operasi yang telah diadopsi oleh berbagai perusahaan teknologi. Penggunanya seakan sudah sangat bergantung pada setiap fitur yang ada di dalam Android.

Agar terhindar dari ketergantungan tersebut, Facebook dikabarkan sedang membangun sistem operasi miliknya sendiri. Pengembangan ini dipimpin oleh seorang mantan pekerja Microsoft yang pernah membuat sistem operasi Windows NT, Mark Lucovsky.

Mengutip laman The Verge, Minggu (22/12/2019), sistem operasi Facebook itu nantinya mendukung headset VR Oculus, serta perangkat portal milik Facebook. Sebab, selama ini kedua perangkat itu masih menggunakan sistem operasi punya Google tersebut.

Ficus Kirkpatrick, salah satu kepala AR dan VR Facebook, mengatakan, ada kemungkinan perangkat keras masa depan Facebook tidak akan lagi bergantung pada Android. Dengan begitu, Facebook dapat mengurangi atau menghapus sepenuhnya kendali yang dimiliki Google dalam perangkat kerasnya.

Selain headset VR Oculus dan perangkat Portal, Facebook juga dikabarkan tengah mengembangkan Augmented Reality (AR) yang diberi kode "Orion". Perangkat ini rumornya akan diluncurkan pada 2023 mendatang.

Pengembangan sistem operasi ini dipimpin oleh seorang mantan pekerja Microsoft yang pernah membuat sistem operasi Windows NT, Mark Lucovsky. Foto/Ist
(ssb)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar