Ulas Produk Mainan, Setahun Youtuber Cilik Raup Rp363 Miliar

Ulas Produk Mainan, Setahun Youtuber Cilik Raup Rp363 Miliar. (Reuters).

TRANSKEPRI.COM. NEW YORK - Nama Ryan Kaji tidak asing lagi di dunia maya. Belakangan anak berusia 8 tahun itu dinobatkan sebagai youtuber dengan pendapatan tertinggi pada 2019 versi Forbes. Dia dilaporkan meraup hingga USD26 juta (Rp363 miliar) dalam setahun dan mengalahkan youtuber besar internasional lainnya.

Ryan, yang bernama asli Ryan Guan, memperoleh pendapatan tinggi tersebut melalui saluran YouTube bernama Ryan’s World. Ryan’s World diluncurkan pada 2015 dengan nama awal Ryan ToysReview. Channel itu selama tiga tahun secara konsisten menyajikan video ulasan produk mainan anak-anak, terutama unboxing.

Ryan’s World berhasil menarik total penonton hingga 35 miliar view dan memiliki pengikut 22,9 juta akun. Beberapa video Ryan ditonton hingga di atas 1 miliar view. Angka itu dinilai sangat fantastis untuk sebuah channel ulasan produk mengingat sebagian besar rekor view dipegang video tentang klip musik.

Ryan, yang didampingi orang tuanya Luann Kaji dan Shion Kaji, tidak hanya sukses melalui YouTube, tapi juga bisnis, termasuk bisnis mainan anak-anak dan kesepakatan hak siar dengan Hulu dan Nickelodeon. Setahun sebelumnya dia menjadi youtuber terkaya dunia dengan pendapatan USD22 juta (Rp307 miliar). “Channel dengan penggarapan yang sangat berkelas dan berkualitas dapat kita temukan di YouTube. Tapi, mayoritas saluran itu tidak mampu menghasilkan uang,” ungkap Forbes. “Ryan merupakan youtuber sukses yang kini memiliki produk mainan dan pakaian yang dijual di Target, Amazon, dan Walmart.”
Namun, perjalanan Ryan tidak sepenuhnya berjalan mulus. Pengawas konsumen dari Truth in Advertising menuduh orang tuanya selaku penanggung jawab Ryan’s World tidak mampu memisahkan konten sponsor dan organik secara jelas. Dengan demikian, anak-anak tidak mampu membedakan kedua konten itu.

Youtuber lain yang meraih sukses besar ialah Dude Perfect (USD20 juta), Anastasia Radzinskaya (USD18 juta), Rhett and Link (USD17,5 juta), dan Jefree Star (USD17 juta). Sisanya didominasi saluran gaming, dari Preston (USD14 juta), PewDiePie (USD13 juta), Markiplier (USD13 juta), DanTDM (USD12 juta), hingga VanossGaming (USD11,5 juta).

Sama seperti Ryan, Anastasia juga bocah cilik. Dia telah menjadi salah satu pencipta konten YouTube dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Salurannya, Like Nastya, kini memiliki 107 juta pengikut dengan 42 miliar view. Kepopulerannya itu menarik Legoland dan Dannon untuk meneken kontrak. “YouTube merupakan pengasuh bayi terpopuler di dunia,” ujar CEO Yoola, Eyal Baumel. Pew Research Center juga menyatakan video anak-anak ditonton tiga kali lebih banyak dibanding kategori lain. Sekitar 81% orang tua yang memiliki anak berusia 11 tahun ke bawah juga membiarkannya mengakses YouTube.

Anastasia tak pernah bermimpi akan menjadi seorang bintang di YouTube. Dia mengidap cerebral palsy sejak lahir dan dikhawatirkan tidak akan mampu berbicara. Orang tuanya mendokumentasikan keseharian Anastasia untuk memperlihatkan perkembangan fisiknya dan awalnya hanya ditujukan untuk saudaranya.

Tanpa diduga, Anastasia menarik perhatian dunia. Sebuah video perjalanannya menuju kebun binatang menjadi video terpopulernya dengan 767 juta view. Anastasia yang memperoleh pendapatan enam digit itu berencana meluncurkan produk mainan dan mobile game, juga sebuah buku. (ssb)

 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar