Kamera Ponsel 100 MP Sukses, Samsung Kini Bangun Kamera 144 MP

Sony sejatinya yang memulai kekuatan megapiksel hingga 48 MP. Belakangan Samsung mengalahkannya dengan memperkenalkan sensor kamera ponsel pintar 64 MP dan 108 MP.

TRANSKEPRI.COM. SEOUL - Kamera smartphone telah meningkat secara eksponensial dalam waktu satu tahun terakhir. Handphone kamera 48 MP memenuhi bagian pertama tahun 2019. Segera setelah itu, publik menyaksikan kedatangan ponsel dengan kamera 64 MP yang akhirnya diikuti oleh ponsel cerdas konsep MI MiX Alpha dan Mi Note 10 yang tersedia secara komersial bersama kamera 108 MP. 

Dan sekarang, menurut salah satu pembuat bocoran industri seluler yang populer, Ice Universe, Samsung dikabarkan akan memperkenalkan kamera 144 MP yang diproduksi menggunakan proses FinFET 14nm.

Kalau kita sadari, Sony sejatinya yang memulai kekuatan megapiksel hingga 48 MP. Belakangan Samsung mengalahkannya dengan memperkenalkan sensor kamera ponsel pintar 64 MP dan 108 MP

Sony sendiri sebenarnya memiliki sensor 64 MP, tapi perusahaan belum membuat kamera 108 MP. Di sisi lain, Samsung siap untuk memproduksi sensor kamera 144 MP menggunakan proses FinFET 14nm. Dengan catatan informasi yang dibagikan oleh Ice Universe di Twitter benar adanya.

Infografis yang diposting di Twitter oleh Ice Universe menampilkan tren pasar sensor CMOS seluler yang menggabungkan lebih dari 100 juta piksel hingga sub-10 juta piksel. Ini juga menambahkan teknologi manufaktur 14nm yang sangat penting untuk membuat sensor di atas kepadatan 100 juta piksel. 

Secara kebetulan, baru pekan lalu, Samsung memamerkan proses pembuatan FinFET 14nm yang dioptimalkan untuk aplikasi pencitraan. Ini menyarankan Samsung bisa benar-benar bekerja untuk memperkenalkan sensor CMOS mobile 144MP ke pasar smartphone. 

Perlu diperhatikan bahwa Qualcomm Snapdragon 865 SoC yang baru-baru ini diperkenalkan sudah memiliki dukungan untuk sensor 200 MP. Jadi tulisan ini kemungkinan besar bukan hoax, tapi memang benar adanya.

Seri Galaxy S11 sepertinya tidak memiliki fitur sensor ini. Di sisi lain, Galaxy Note11 terlihat sangat cocok untuk kamera baru tersebut. Akan menarik untuk melihat apakah Xiaomi dapat merebut pangsa pasar sekali lagi seperti yang dilakukan tahun ini dari Samsung ketika merilis handohone berkamera 100 MP.(ssb)
 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar