BATAM

Terdapat 250.000 Pengungsi Pernah Tinggal di Camp Vietnam, Mereka Rutin Gelar Reunian di Batam

Sejumlah kartu identitas warga yang pernah tinggal di Camp Vietnam Pulau Galang

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Keberadaan Camp Vietnam yang  berada di Pulau Galang Kota Batam, meninggalkan kesan yang tak terlupakan bagi para pengungsi asal Vietnam yang pernah mendiami pulau itu selama lebih kurang 17 tahun, yakni dari kurun tahun 1979 sampai dengan 1996.

"Setiap bulan itu selalu saja ada yang datang. Kedatangan mereka mulai dari sekedar bernostalgia maupun melihat makam dan hal lainnya terkait kehidupan para leluhurnya," ujar Abunawas, pria yang sudah tinggal di Camp Vietnam sejak tahun 1980 an silam.

Diakui Abunawas, jumlah warga bekas Camp Vietnam yang berkunjung ke Pulau Galang setiap bulannya bervariasi. Paling sedikit 25 orang, bahkan sekali datang bisa mencapai 100 orang.

"Mereka datang biasanya berkelompok. Bahkan jika menggelar reunian, jumlahnya bisa mencapai 100 orang. Namun sejak Corona ini mereka juga setop," ujar pria yang juga fasih berbahasa Vietnam ini.

Lanjut Abunawas lagi, secara keseluruhan jumlah pengungsi Vietnam yang pernah tinggal di Camp Vietnam, sebelum mereka disebar ke negara tujuan, mencapai angka 250.000 orang.

"Total jumlah mereka secara keseluruhan mencapai angka 250.000 orang. Dan seiring dengan kebijakan PBB pada waktu itu, mereka pergi secara bertahap ke negara tujuan di antaranya AS, Australia, Swedia dan lainnya, hingga mereka menjadi warga tetap di negara tersebut," pungkas Abunawas.(009)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar