KLB Partai Demokrat, Moeldoko Terpilih Menjadi Ketua Umum

Kongres luar biasa Partai Demokrat

TRANSKEPRI.COM.MEDAN- Moeldoko terpilih menjadi Ketua Umum dalam acara yang diklaim sebagai Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat (PD). Dia terpilih dalam waktu 51 menit setelah KLB Demokrat dibuka.

KLB Demokrat tersebut digelar di The Hill Hotel and Resort Sibolangit, Deli Serdang, Jumat (5/3/2021). KLB dibuka pukul 14.44 WIB.

Acara dilanjutkan dengan membaca doa. Kemudian salah satu pendiri PD, Etty Manduapessy, memberi sambutan.Pembukaan ditandai pengetukan palu sebanyak tiga kali. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya', yang dilanjutkan dengan Mars Demokrat.

Etty berharap KLB PD menjadi tonggak sejarah penyelamatan Partai Demokrat. Dia juga berharap PD menjadi partai yang demokratis.

"Hari ini adalah perjalanan yang paling bersejarah walau kita berkumpul di sini untuk satu kegiatan mulia dengan harapan KLB yang digelar hari ini menjadi tonggak sejarah penyelamatan partai ke depan," kata Etty.

Salah satu yang dibacakannya adalah perubahan AD/ART Partai Demokrat. Dia mengatakan AD/ART PD dikembalikan sesuai dengan Kongres Bali 2005.Setelah itu, sidang KLB dimulai. Sidang dipimpin oleh Jhoni Allen Marbun. Jhoni terlihat memimpin sidang dan membacakan putusan terkait sejumlah perubahan.

"Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai Demokrat kembali pada Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga Kongres Bali tahun 2005 dengan penyesuaian terhadap undang-undang," ucapnya.

"Dilaksanakan sesuai kebutuhan organisasi. Antara lain, adanya Mahkamah Partai, Dewan Kehormatan, Dewan Pakar. Menghilangkan Majelis Tinggi, setuju?" ujarnya.

"Setuju," ujar peserta.

Sekitar pukul 15.35 WIB, KLB Demokrat memutuskan Moeldoko sebagai Ketua Umum. Hal ini berdasarkan voting yang dilakukan dalam KLB Demokrat.

"Kongres Luar Biasa Partai Demokrat menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memperhatikan, memutuskan, menetapkan pertama, dari calon kedua tersebut atas voting berdiri, maka Pak Moeldoko ditetapkan menjadi Ketua Umum Partai Demokrat Periode 2021-2025," kata Jhoni.

Moeldoko dicalonkan DPD Kalteng, Sulteng, Papua Barat, hingga Aceh. Namun Moeldoko tak tampak hadir di lokasi KLB Demokrat.

"Setuju," jawab kompak peserta sidang.Jhoni Allen kemudian bertanya kepada sidang apakah hasil tersebut disepakati. Seluruh peserta sidang KLB Demokrat menyetujuinya.

Setelah itu forum diskors. Para peserta acara yang disebut sebagai KLB itu menunggu Moeldoko hadir. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar