Terbesar di Dunia, Ini Info Seputar Masjidil Haram

Masjidil Haram

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Masjidil Haram menjadi masjid suci bagi umat Islam. Tak hanya musim haji, setiap harinya Masjidil Haram selalu dipenuhi oleh umat Islam dari seluruh dunia untuk beribadah.

Masjidil Haram terletak di kota Mekkah. Masjid ini menjadi salah satu tempat mustajab dan tak pernah sepi. Umat Islam berlomba-lomba mencari pahala dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

Berikut ini beberapa fakta menarik seputar Masjidil Haram yang perlu kamu ketahui:

1. Sejarah

Sejarah Masjidil Haram tidak terlepas dari Kakbah. Awalnya, Masjidil Haram dibangun oleh Nabi Ibrahim AS bersama dengan putranya Ismail. Dan bangunan itu adalah meninggikan fondasi Ka'bah yang sempat terendam sekian lama setelah zaman Nabi Adam AS.

Masjidil Haram sudah beberapa kali mengalami perombakan sampai renovasinya seperti sekarang. Pada 1570 Masehi Masjidil Haram direnovasi oleh arsitek pribadi Sultan Salim II dengan mengganti atap dan menambah kubah-kubah dekorasi. 

2. Masjid Terbesar di Dunia


Masjid ini memiliki luas lebih dari 356 ribu meter persegi. Masjidil Haram dapat menampung lebih dari 900 ribu jemaah. Masjid ini juga disebut sebagai masjid terbesar di dunia.

3. Magnet yang Kuat

Adapun yang jadi magnet kuat dari Masjidil Haram adalah Kakbah yang menjadi kiblat umat Muslim di dunia. Berbentuk kubus dengan ukuran panjang 13 meter, lebar 11 meter dan tinggi 12 meter, Kakbah dibangun dari batu dan ditutupi kain hitam.

4. Disebut Tanah Haram

Para ulama mengatakan karena di dalam tanah ini berlaku berbagai ketentuan yang mengharamkan kita melakukan berbagai hal seperti berburu, mengangkat senjata, mematahkan tumbuhan, termasuk juga haram untuk dimasuki orang kafir.

5. Ribuan Umat Islam Tawaf

Ketika tawaf berbarengan dengan ribuan umat Muslim lainnya diseluruh dunia. Ribuan orang terlihat bergerak seirama memutari Kakbah sambil berdoa dan mengagungkan nama Allah.

Tak jarang di sekitar Masjidil Haram, kita bisa melihat ratusan orang berebut untuk menyentuh Batu Hajar Aswad. Rasanya ada kebahagiaan tersendiri bila berhasil menyentuh batu ini.(009/detikcom)
 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar