Jika Dilakukan dengan Benar, Shalat Juga Bermanfaat Buat Kesehatan Punggung

Ibadah Shalat

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Para ilmuwan berhasil membuktikan bahwa shalat lima waktu amat baik bagi kesehatan punggung. Dengan syarat shalatnya dilakukan dengan benar.

Penelitian ini menggunakan model orang simulasi dalam komputer dalam posisi shalat dan dianalisis sehingga berpengaruh pada nyeri punggung bagian bawah.

Menurut penelitian tersebut, posisi sujud yang dikenal dengan nama ‘Sajdah,’ ternyata mampu meningkatkan elastisitas persendian. Sementara shalat lima kali sehari memberi manfaat lebih terhadap pungggung dan persendian

Prof Khasawneh, rekan penulis buku ini mengatakan: “Salah satu cara untuk membuktikan gerakan shalat bermanfaat bagi punggung adalah dengan membandingkan latihan serupa dengan latihan intervensi yoga atau terapi fisik yang digunakan untuk mengobati nyeri punggung bawah.”

“Kesehatan fisik dipengaruhi oleh faktor sosial ekonomi, gaya hidup dan agama. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara doa dan kewaspadaan tentang mempertahankan gaya hidup sehat secara fisik,” pungkas Khasawneh.

“Shalat dapat menghilangkan stres fisik dan kecemasan, sementara ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa shalat ibarat pengobatan klinis yang efektif untuk disfungsi neuro-muskuloskeletal,” tambahnya. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar